Ops Zebra Siamasei, Pelanggaran Didominasi Pelajar dan Mahasiswa – ParePos –
Hukum dan Kriminal

Ops Zebra Siamasei, Pelanggaran Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

Ratusan kendaraan yang diamankan dalam ops zebra siamasei di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Operasi Zebra Siamasei telah dilaksanakan selama 14 hari. Satuan Lalu Lintas Polres Polewali Mandar (Polman) telah menindak sedikitnya 637 kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang tidak mematuhi aturan. Bentuk pelanggaran yang terjaring razia pun bermacam-macam, mulai dari pada kelengkapan kendaraan hingga pada pelanggaran pengendaranya.

Kasat Lantas Polres Polman, AKP Paulus Phatibang yang ditemui diruang kerjanya, Selasa 14 November, sore tadi mengatakan, selama operasi digelar ada ratusan pelanggaran yang kami temukan dilapangan. Pelanggarannya pengendara pun bermacam-macam mulai dari pelanggaran ringan, sedang hingga berat. “Jumlah pelanggaran yang terjaring dalam operasi ini memang tinggi, sebab kesadaran para pengendara masih kurang,” ungkapnya.

Untuk itu, kata mantan Kapolsek Polewali, kedepannya untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dan menekan jumlah pelanggaran. Maka pihaknya akan intens melakukan sosialisasi,  utamanya pada kalangan dunia pendidikan.” Kalau saya melihat dari jumlah pelanggaran yang mendominasi pelanggaran dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Makanya kedepan kita akan rutin mengunjungi sekolah dan kampus untuk melakukan sosialisasi tentang kesadaran berlalu lintas,”jelasnya.

Semua jenis pelanggaran diberikan sanksi berupa surat tilang sesuai dengan pasal yang dilanggar dan selanjutnya berhubungan dengan pengadilan untuk disidangkan. “Jumlah pelanggaran di minggu pertama selama Ops Zebra sebanyak 301 kasus dan minggu kedua itu sebanyak 336 kasus pelanggaran. Dan barang bukti yang disita berupa kendaraan baik roda dua maupun roda empat sebanyak 192 unit, STNK 221 lembar sedangkan SIM sebanyak 13 lembar,” jelasnya.(win)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!