Penandatangan Fakta Integritas Warnai Pelantikan Bupati Barru – Pare Pos
Ajatappareng

Penandatangan Fakta Integritas Warnai Pelantikan Bupati Barru

Gubernur Sulsel bersama Bupati Barru dan Sekprov Sulsel

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, melantik Ir H Suardi Saleh MSi sebagai Bupati Barru, sisa masa jabatan 2016 – 2021. Pelantikan Suardi Saleh sebagai Bupati Barru dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-8516/2017 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Barru Provinsi Sulsel. Pelantikan tersebut juga diwarnai penandatanganan fakta integritas oleh Bupati Barru Suardi Saleh, disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Barru.

Seperti diketahui, sebelumnya Suardi Saleh menjabat Wakil Bupati Barru, mendampingi Bupati Barru Idris Syukur. Namun, Idris Syukur dinonaktifkan dari jabatannya, setelah terjerat persoalan hukum. Usai melantik dan mengambil sumpah jabatan Suardi Saleh, Syahrul Yasin Limpo mengingatkan beratnya tanggung jawab sebagai pejabat sekaligus pelayan masyarakat. Ia mengatakan, selama ini tidak ada bupati atau gubernur yang berhenti, hanya orangnya yang berganti. Pemerintahan harus tetap berjalan. “Apa yang kita lakukan hari ini adalah melegitimasi sebuah proses agar lebih baik lagi, dan pemerintahan yang ada menjadi rahmat dan melindungi rakyat,” kata Syahrul Yasin Limpo, di sela-sela Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati Barru Sisa Masa Jabatan 2016 – 2021, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Rabu 15 November, pagi tadi.

Ia mengatakan, pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang berpihak pada rakyat, tidak meladeni dirinya sendiri. Tentunya, mulai dari desa dan kelurahan, kecamatan, hingga kepala daerah. “Ukurannya adalah hadirnya kedamaian, ketentraman dan keteraturan. Tidak ada orang yang menginjak-injak aturan. Kalau hadir seperti ini, saya jamin akan ada akselerasi yang tepat dan kita tidak menyia-nyiakan tanggung jawab kita. Tidak gampang menjadi pejabat,” terangnya.

Tidak sampai disitu. Syahrul Yasin Limpo juga mengingatkan agar pemerintah daerah di Kabupaten Barru memberikan ruang bagi bisnisman bergerak tanpa beban di daerah tersebut. “Barru itu tempat mengukur kecerdasan, akal dan intelektual, serta budaya. Jadi, jangan ada pengusaha disana yang gamang. Jangan sogok-sogok, jangan pungli, dan jangan korupsi. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok,” pesan Syahrul Yasin Limpo.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!