Puluhan Oknum ASN Terlibat Parpol di Parepare – Pare Pos
Politik

Puluhan Oknum ASN Terlibat Parpol di Parepare

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Dari hasil verifikasi faktual administrasi keanggotaan 14 partai politik (Parpol) di Kota Parepare. KPU menemukan sejumlah keganjalan diantaranya data ganda serta dugaan keterlibatan Aparat Sipil Negara (ASN). Ketua KPUD Kota Parepare, Nur Nahdiyah mengungkapkan, dari 1.900 data ganda yang ditemukan mayoritas pemiliknya tidak berdomisili di Parepare, atau telah berpindah tempat tinggal. Selain itu, sebagian besar masyarakat juga mengaku tidak pernah bergabung pada parpol tertentu. “Begitu pula dengan ASN yang terdata di parpol, banyak yang tidak mengaku pernah bergabung,” ujarnya, Rabu 8 November 2017.

Senada diungkapkan, Komisioner Divisi Hukum KPUD Parepare, Hasruddin Husein yang mengakui, telah ditemukan sebanyak 974 kegandaan anggota parpol yang berada di empat kecamatan dan 22 kelurahan. Petugas akan melakukan klarifikasi hingga tanggal 15 November mendatang. Hasil dari faktual kegandaan, akan dilaporkan hasilnya dalam bentuk salinan berita acara ke KPU Provinsi Sulsel, Panwaslu, dan parpol untuk dilakukan  perbaikan.

Dari data faktual juga ditemukan sebanyak 70 ASN yang terdeteksi terdaftar dalam parpol, termasuk satu orang berstatus oknum TNI-Polri. Sedangkan dari 14 Parpol calon peserta Pemilu 2019, hanya lima parpol yang tidak ditemukan adanya keterlibatan ASN. Lima Parpol itu diantaranya, PKS, Hanura, PDIP, NasDem dan PSI. Adapun parpol yang paling banyak melibatkan oknum ASN berasal dari Partai Perindo.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!