RSU Lasinrang Bantah Persulit Keluarga Bayi Kembar – ParePos –
Ajatappareng

RSU Lasinrang Bantah Persulit Keluarga Bayi Kembar

Direktur RSU Lasinrang, Pinrang, dr H Makbul Tapa MKes,

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Rumah Sakit Lasinrang, Kabupaten Pinrang dituding telah menahan bayi kembar karena tidak mampu membayar biaya rumah sakit. Terkait hal itu, Direktur RSU Lasinrang, Pinrang, dr Makbul Tapa, membantah pihaknya mempersulit Elsi mengambil kedua bayi kembarnya. Menurutnya, kedua bayi itu memang masih harus mendapat perawatan di rumah sakit. “Ibu Elsi itukan melahirkan sesar. Anak itu lahir prematur sehingga harus dirawat,” kilahnya. Kendati begitu, Makbul tak menampik adanya biaya perawatan salah satu bayi Elsi. Hal tersebut dikarenakan hanya satu dari dua bayi itu yang ditanggung BPJS Kesehatan. “Tapi saya harus tegaskan lagi bahwa soal biaya itu bukan alasan mengapa bayi itu masih harus tetap di rumah sakit. Kalau soal biaya itu, ada banyak solusi bisa ditempuh,” katanya.

Makbul juga menegaskan, beda persepsinya kalau ditahan apalagi disandera. “Jujur, anak itu kami belum izinkan pulang karena memang kondisinya masih sangat labil, keduanya masih harus dirawat,” katanya. Situasi terakhir, kondisi kesehatan salah satu bayi kembar itu, beber Makbul, sudah mulai membaik. Namun, bayi satunya lagi masih harus mendapat perawatan dokter. “Mungkin besok atau lusa, keadaannya yang satu juga sudah membaik. Kita doakan bersama supaya bayi kembar itu cepat pulih dan bisa kembali bersama kedua orang tuanya,” kata Makbul.

Soal biaya perawatan salah satu bayi itu, Makbul, mengaku telah mengutus stafnya untuk menemui orang tua bayi. “Semua ada solusi, tidak masalah. Toh kalau memang tak mampu bayar, akan kita carikan jalan keluarnya,” janjinya. Mengantisipasi ketidakmampuan Elsi membayar biaya perawatan salah satu putrinya itu, Makbul mengaku sudah memerintahkan stafnya untuk membantunya mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan rumah sakit. “Besok (hari ini, Red) saya akan panggil kepala ICU untuk melaporkan perkembangan anak itu, termasuk soal biaya. Toh, kalau terkendala dana, kita akan minta ibu Elsi agar mengurus surat keterangan tidak mampu dari kelurahannya,” ujarnya.(*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!