Tingkatkan SDM ASN, Pemkot Habiskan Anggaran Miliaran – ParePos –
Metro Pare

Tingkatkan SDM ASN, Pemkot Habiskan Anggaran Miliaran

Wali Kota Parepare saat menyapa warganya

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare diperkirakan telah menghabiskan anggaran miliaran rupiah dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkup pemerintahannya, dengan berguru diluar daerah. Sejumlah kunjungan luar daerah kini menjadi sorotan warga. Kabid Pengembagan Aparatur BKPSDM, Adriani Idrus yang ditemui diruang kerjanya menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan SDM ASN. Para kasubag diminta memahami aplikasi e-kinerja yang bakal diterapkan di Parepare. “Akan ada nanti aplikasi e-kinerja untuk pengukuran kinerja. Semua ASN akan diukur kinerjanya. Gaji pegawai akan dibayar berdasarkan kinerjanya,” jelasnya. Ia menambahkan, kegiatan itu berdasarkan permintaan KPK untuk melakukan percepatan penerapan sistem aplikasi E-Kinerja itu. Di pilihnya Surabaya sebagai lokasi karena Surabaya sudah lama menerapkan E-Kinerja.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Parepare Arifuddin Idris yang ditemui diruang kerjanya, mengenai kegiatan kependidikan di Jogyakarta mengurai, kegiatan tersebut untuk peningkatan mutu Kepala Sekolah se-Kota Parepare. “Disana kepala sekolah mengikuti kegiatan bimbingan teknis peningkatan mutu manajemen pendidikan,” jelasnya. Terkait tingginya anggaran yang dihabiskan, Sekretaris Disdik Arifuddin Idris menyebut nominal tersebut sudah sesuai kebutuhan. Mereka memboyong 149 peserta, terdiri dari kepsek SD-SMP sederajat, dan pengawas serta pejabat dari Disdik. “Anggaran itu juga untuk membiayai narasumber, yakni beberapa guru besar dan lembaga penjaga mutu pendidikan Yogyakarta,” urainya.

Adapun dipilihnya Yogyakarta, karena Daerah Istimewa itu sudah terkenal sebagai kota pendidikan. Sebelumnya Kadis Pendidikan, Kadarusman Mangurusi menjelaskan, kegiatan itu memang telah diprogram sebelumnya. Dengan anggaran mencapai Rp800 juta bersumber dari Disdik sendiri. Dia mengurai kegiatan tersebut dianggarkan pada APBD Perubahan 2017 untuk kegiatan Dinas Pendidikan dengan agenda peningkatan mutu pendidikan dengan menggandeng Lembaga Penjamin Mtu Pendidikan (LPMP) Yogyakarta.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Parepare Iwan Asad menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan di di Hotel Myko Makassar merupakan kegiatan evaluasi dan rapat monitoring triwulan ke III. Dan dipilihnya Hotel di Makassar sebagai lokasi rapat karena Hotel Myko lengkap dengan fasilitas pendukung khususnya dalam pembahasan KUA-PPAS yang berlangsung hingga dini hari. “Jika ditanya kenapa di Makassar, karena hal itu bagian apresiasi kerja para perencana dan evaluator di SKPD yang mampu mencapai target tahapan kinerja pembangunan dengan baik,” katanya. Selain itu untuk memperkenalkan dan menambah wawasan mereka, tidak hanya berwawasan lokal saja tetapi juga mampu melihat kemajuan daerah lain pada sektor tertentu.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!