Wali Kota Parepare Sambut Kirab Pemuda 2017, Ini Harapannya – Pare Pos
Metro Pare

Wali Kota Parepare Sambut Kirab Pemuda 2017, Ini Harapannya

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) didampingi Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Faisal Abdullah, Jumat 17 November, menyambut kedatangan peserta Kirab Pemuda 2017 di Taman Mattirotasi. Kota Parepare merupakan daerah ke-12 yang menjadi tempat persinggahan peserta kirab, dimana sebelumnya singgah di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Dalam sambutannya, Wali Kota Parepare mengucapkan selamat datang di Kota kelahiran BJ Habibie bagi seluruh peserta kirab pemuda dari seluruh perwakilan daerah di Indonesia. “Hanya pemuda bisa menjaga negeri ini, dan saya bangga serta senang peserta kirab ada di Parepare”, ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga menyinggung perencanaan pembangunan sport city di Parepare. Sehingga, dirinya meminta kepada pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga memperhatikan Kota Parepare. Terlebih, kata TP, Deputi Pemberdayaan Pemuda adalah orang asli Parepare dan besar di Kota ini. “Saya titip Sport City,”ungkapnya. TP juga memperkenalkan sejumlah bangunan fenomenal seperti monumen Habibie- Ainun, Institut teknologi Habibie (ITH) dan RS Drg Hasri Ainum Habibie.

Semantera itu, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah atas nama Menpora dalam sambutannya mengatakan, melihat banyak perkembangan di Kota Parepare setelah puluhan tahun meninggalkan Parepare. “Saya bangga jadi orang Parepare,” bebernya. Tujuan dari diadakannya Kirab Pemuda 2017 , adalah dalam rangka mengetahui lebih jauh apa saja yang ada di Parepare, termasuk budaya, pariwisata dan sebagainya. “Daerah yang kita singgahi ini, akan dibuatkan buku nanti, termasuk di dalam buku tersebut ada Parepare,” ujarnya.

Faisal mengakui, Kota Parepare menjadi titik singgah ke 12 peserta Kirab Pemuda 2017. Namun, itu bukan karena dirinya orang Parepare, akan tetapi memang kota ini layak menjadi tuan rumah, apalagi di kota ini telah lahir tokoh Nasional bahkan Internasional yaitu BJ Habibie. Ada tiga kota di nusantara yang memiliki tokoh Nasional dan disinggahi kirab nantinya, termasuk Parepare dengan BJ Habibie, Jawa Timur dengan kota kelahiran Gusdur dan Blitar Kota terakhir dengan Soekarno. Rencananya peserta kirab ini, akan berlangsung selama 72 hari dengan mengunjungi 100 Kota/ kabupaten.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Ir Syukur Razak MSi melalui Kepala Bidang Kepemudaan Drs Waris Muhiddin mengatakan, peserta Kirab Pemuda 2017 berasal dari 34 provinsi yang berjumlah 37 orang peserta inti. Mereka akan berada di Kota Parepare selama 3 hari, dari tanggal 17-19 November 2017. Usai berkunjung di Kota Parepare, peserta kirab akan berkunjung ke Sengkang, Kabupaten Wajo. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!