Polisi Cokok Lima Spesialis Pencuri Sarang Burung Walet Lintas Provinsi – Pare Pos
Hukum dan Kriminal

Polisi Cokok Lima Spesialis Pencuri Sarang Burung Walet Lintas Provinsi

Kelima pelaku spesialis pencuri sarang burung walet

PAREPOS. CO. ID, PINRANG– Kepolisian Sektor (Polsek) Suppa, Kabupaten Pinrang berhasil meringkus lima pelaku pencurian spesialis sarang burung walet diwilayahnya, Jumat 8 Desember, kemarin. Pelaku diringkus saat menjalankan aksinya di salah satu sarang burung walet milik H Sahabu di Kampung Bili-bili, Kelurahan Tellumpanua, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Lima pelaku diketahui merupakan warga dari luar Kabupaten Pinrang. Bahkan, empat pelaku diantaranya berasal dari luar Sulawesi Selatan. Kelimanya diketahui bernama Herman (23) beralamat di Kampung Apoang Utara, Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Sinyo (18) warga Kelurahan Plendungan, Kecamatan Pulo Kulon, Kabupaten Grobokan, Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, Andri (18) warga Kampung Akkampeng, Dessa Maccile, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng , Suprianto (34) beralamat di jalan Berangas, Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara ,Kabupaten Kota Baru, Provinsi Kalimantan Selatan dan Herman Bin Hadi Santoso (28) warga jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kebun Raya, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Awal terungkapanya kasus, berawal dari kecurigaan salah satu warga disekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) melihat sebuah mobil jenis Avansa di depan Masjid BTN Bili Bili Mas, Kelurahan Tellumpanua, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang yang terparkir sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 21.00 Wita. Mobil yang dikemudikan Dedi Muliadi (50), kemudian dilaporkan ke warga lainnya dan diteruskan ke Bhabinkamtibmas (BKTM), Kelurahan Tellumpanua dan aparat Polsek Suppa Pinrang.

Setelah petugas yang tiba di lokasi bersama warga mendatangi mobil terparkir, dari hasil interogasi, sang sopir mengaku jika lagi menunggu temannya. Melihat gelagat mencurigakan dari sang sopir, petugas kemudian mengamankan yang bersangkutan dan selanjutnya melakukan pemeriksaan ke dalam gudang beras/rumah sarang burung walet milik H Sahabu.

Alhasil, dari dalam gudang tersebut ditemukan beberapa pelaku lainnya.
Setelah diperiksa, para pelaku akhirnya mengakui jika sementara melakukan aksi pencurian sarang burung walet dan beras di dalam gudang tersebut dengan cara melubangi tembok menggunakan bor tangan untuk masuk ke dalam gudang.

Selain mengamankan kelima pelaku, aparat juga mengamankan barang bukti berupa tiga karung beras yang telah dicuri para pelaku dan sebuah mobil yang digunakan para pelaku dalam menjalankan aksinya . Satu diantara pelaku berhasil melarikan diri dengan membawa alat bor tangan yang digunakan melubangi tembok gudang.

Kapolsek Suppa, AKP Muhammad Yusuf Badu yang dikonfirmasi, Sabtu 9 Desember membenarkan adanya pengungkapan kasus pencurian di wilayah kerjanya tersebut. “Para pelaku bersama barang bukti telah kami amankan guna menjalani proses hukum lebih lanjut,” ungkap Yusuf Badu. (mnr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!