LHKPN, Cabup Asal Sulsel Ini Terkaya – Pare Pos
Pilkada Pinrang

LHKPN, Cabup Asal Sulsel Ini Terkaya

Jamaluddin Jafar Jerre

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merilis harta kekayaan calon kepala daerah di seluruh Indonesia, yang akan mengikuti Pilkada serentak pada, 27 Juni 2018. Seperti dilansir di laman resmi kpk.go.id, hampir keseluruhan calon kepala daerah sudah menyetor harta kekayaannya atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK, baik secara online atau off line.

Seperti tertera di daftar harta kekayaan calon kepala daerah di laman resmi KPK itu, menempatkan calon Bupati Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) Jamaluddin Jafar Jerre menduduki posisi pertama sebagai calon Bupati terkaya di Indonesia.

Calon Bupati yang juga Anggota DPR RI Dapil Papua asal PAN ini mempunyai harta kekayaan sebesar Rp 8,358 Triliun lebih atau berjumlah Rp 8.358.947.929.645. Jumlah ini terbilang tinggi dari calon Bupati lainnya. Termasuk salah satu pesaingnya Abdul Latif yang hanya memiliki kekayaan sebesar Rp 6, 727 Miliar atau Rp6.727.536.547.

Diketahui, Jamaluddin merupakan putra asli kelahiran Kabupaten Pinrang. Namun, ia sukses sebagai pengusaha di Provinsi Papua. Selain itu, Jamaluddin juga melenggang ke Senayan sebagai legislator juga dari Dapil Papua.

Dari pantauan Parepos.fajar.co.id, di laman kpk.go.id, Sabtu 13 Januari, masih banyak beberapa bakal calon yang belum memasukan laporan LHKPN.

Di Pilkada Parepare, bakal calon Walikota Parepare Taufan Pawe memiliki harta sebesar Rp 32 Miliar lebih, Pangerang Rahim Rp 1,2 Miliar. Sedangkan pesaingnya belum masuk dalam daftar tesebut.

Pilkada Sidrap, Fatmawati Rusdi Rp 55 Miliar lebih, Dollah Mando sekitar Rp 289 Juta, Abd Majid sebesar Rp 9 Miliar dan Solihin Rp 974 juta. Pada Wajo hanya Anwar Sadat yang tercantum dengan harta sekitar Rp 7 Miliar lebih. Pilkada Enrekang baru tercatat Asman dengan jumlah harta mencapai Rp414 juta.

Bahkan, di Pilgub Sulsel baru tiga nama yakni Agus Arifin Nu’mang dengan total harga sekitar Rp 7 Miliar, Andi Sudirman Sulaiman sekitar Rp 9 Miliar, M Nurdin Abdullah sekitar Rp 53 Miliar.

Di Pilkada Polman, Marwan sebesar Rp 9 Miliar dan Salim S Mengga Rp 565 Juta.
Pilkada Mamasa, Martinus Tiranda Rp 1,3 Miliar dan Ramlan Badawi Rp 1,8 Miliar.(*)

 

Sumber: kpk.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!