BSR Sosialisasikan Perda Tentang Pajak Daerah di Gilireng – Pare Pos
Pro Daerah

BSR Sosialisasikan Perda Tentang Pajak Daerah di Gilireng

PAREPOS.CO.ID, WAJO – – Legislator Provinsi Sulawesi selatan, Baso Syamsu Risal (BSR) mensosialisasikan peraturan daerah (Perda) Provinsi Sulawesi nomor 8 tahun 2017 tentang perubahan atas Perda nomor 10 tahun 2010 tentang pajak daerah, di Kelurahan Gilireng, Kamis 8 Februari 2018, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Kamis 8 Februari 2018.

Kepada ratusan masyarakat, Baso Syamsu Risal menjelaskan maksud diselenggarakannya sosialisasi tersebut guna memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa membayar pajak tepat waktu sangatlah penting. Sebab, kata dia, pajak yang dibayarkan juga akan kembali kepada masyarakat, baik dalam bentuk infrastruktur, pendidikan gratis, termasuk pelayanan kesehatan.

Legislator asal fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, dalam Perda Nomor 8 tahun 2017 ini diatur dua hal pokok yang mengalami perubahan signifikan. Dia menjelaskan, seperti pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan pajak progresif untuk kepemilikan kendaraan roda empat lebih dari satu unit.

“Perda ini dibuat untuk mengoptimalkan potensi pajak daerah kita, baik itu dari pajak kendaraan bermotor, pajak rokok, pajak air permukaan, pajak bahan bakar minyak, termasuk BBN-KB. Selama ini pajak daerah telah memberikan kontribusi dengan rata-rata sebesar 89% terhadap PAD Sulawesi-selatan,”ujarnya

Lebih lanjut, Baso Syamsu Risal mengatakan, dalam perda tersebut tarif progresif pajak kendaraan bermotor ditetapkan paling tinggi sebesar 2,75%. Tentunya, ini akan menguntungkan masyarakat,serta akan mengurangi tunggakan pajak progresif.

“Progresif yang tinggi, selama ini telah menyebabkan banyaknya pemilik kendaraan yang telah mengalihkan kepemilikan kendaraannya atas nama orang lain. Ketika demikian akan menyulitkan petugas dalam hal pendataan dan penagihan pajak progresif tadi, ” jelasnya

Sekedar diketahui, dalam sosialisasi tersebut selain dihadiri ratusan masyarakat Kecamatan Gilireng, mulai dari tokoh pemuda, tokoh agama, masyarakat petani serta kaum perempuan. Dalam kesempatan itu turut hadir pula pemerintah setempat dalam hal ini Lurah Gilireng, Makka. (ile)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!