Ini Insiden Pencabutan Nomor Urut di Polman, JSM-Marwan Urut 1 dan AIM-Benar Urut 2 – Pare Pos
Pilkada Polman

Ini Insiden Pencabutan Nomor Urut di Polman, JSM-Marwan Urut 1 dan AIM-Benar Urut 2

Ini nomor urut dua pasangan calon di Kabupaten Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar dalam rapat pleno terbuka, menggelar pencabutan nomor urut pasangan calon ( Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di Gedung Nasional, Jalan Pantai Bahari, Polewal,  Selasa 13 Februari 2018. Pada pencabutan nomor urut tersebut , menjalani dua tahap yakni tahap pertama nomor pengambilan urut undian oleh paslon dan tahap kedua pengambilan nomor urut sesuai dengan nomor yang dipegang.

Paslon AIM-Benar memegang undian amplop pertama dan mengambil kotak nomor urut.  Selanjutnya, paslon JSM-Marwan mengambil kotak nomor dua, dibukalah nomor tersebut. Hasilnya, paket Andi ibrahim Masdar dan HM Natsir Rahmat mencabut Nomor Urut 2 dan JSM – Marwan mencabut Nomor urut 1. Namun, usai pencabutan nomor urut, sedikit tegang setelah Ketua Tim Dari Paslon JSM-Marwan melakukan aksi protes terkait jalannya pengundian itu. “Belum apa-apa kita sudah dicurangi tidak benar ini KPU,”katanya.

Ia pun meminta agar proses pengundian ini harus diulang, karena diduga ada kecurangan yang dilakukan penyelenggara dalam hal ini KPU. “Dikotak undian itu ada tanda, seolah- olah kotak itu sengaja ditandai menggunakan spidol. Kami protes ini , kita mau kedepannya itu semua tahapan berlangsung aman dan tidak terjadi kecurangan dan semua ini kami serahkan pada Panwaslu,”kata Samsul Samad. Proses pengundian sempat berhenti sejenak lantaran kedua belah pihak masing mengkroscek kotak yang diduga disengaja diberi tanda oleh KPU Polman.

Terkait insiden tersebut, Calon Bupati Polman Mayjen Salim S Mengga menyerahkan semuanya kepada pihak pengawas pemilu. “Riak-riak tadi itu bukan persoalan nomor urut, namun karena tim menemukan ada tanda dikotak itu yang indikasinya disengaja. Makanya tim akan melakukan pengecekan kembali sembari melaporkan ke panwas,” ujar Salim. “Terkait makna dari nomor yang diperolehnya,  nomor satu adalah Alif yang sangat susah untuk ditumbangkan dan sangat kuat,” jelasnya.

Ketua KPU Polman, M Danial mengatakan, terkait riak yang terjadi. Adanya tanda dikotak pengundian nomor urut, ditemukan oleh paslon JSM-Marwan itu semua diluar ketidaktahuan KPU. “Soalnya itu kotak dipilos sesuai dengan warna KPU dan kalau ada tanda yang disinyalir sengaja ditaruh, maka kita serahkan ke paslon untuk melaporkan ke panwas dan kita siap mengkalrifikasinya,” tegas M Danial.(kontributor:erwin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!