Menuju Level Tiga APIP, DPRD Wajo Konsultasi ke Inspektorat Makassar – Pare Pos
Pro Daerah

Menuju Level Tiga APIP, DPRD Wajo Konsultasi ke Inspektorat Makassar

PAREPOS.CO.ID, ADVETORIAL — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Sulawesi-Selatan melakukan kunjungan konsultasi ke Kantor Inspektorat Kota Makassar. Kunjungan tersebut terhitung sejak Kamis, 31 Januari hingga Jumat, 1 Februari 2018.

Kunjungan itu, guna mendapatkan referensi dan dari aspek regulasi, implementasi dan subtansi terkait peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau Internal Audit Capability Model (IA-CM) menuju ke level III (integrated). Di Kabupaten Wajo itu sendiri APIP baru mau masuk ditingkatan level II (Infrastructure).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wajo Ashanul Haq Nawawi mengatakan, ketika level 3 ini telah dicapai, maka berarti kemampuan APIP di Kabupaten Wajo sudah bisa melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan.

Lebih lanjut, kata Ashanul, termasuk akan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal. “Leveling dari kapabilitas APIP ini mulai mendapat perhatian khusus ketika Presiden Jokowi dalam pengarahan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah. Maka Komisi I DPRD Wajo melakukan kunjungan di Inspektorat Kota Makassar, tentang bagaimana proses sehingga bisa masuk level III, baru ada dua yang masuk level III Makassar dan Pinrang,”ujar Ashanul Haq, saat dihubungi Sabtu 3 Februari 2018.

Lanjut, Politisi Partai Golkar itu menambahkan, untuk masuk di level 3 ada beberapa elemen yang musti dipenuhi. Seperti membentuk Tim Self Assesment dan Tim Self Improvement Kapabilitas, yang bekerja untuk menginventarisir dan mengakomodir semua komponen/elemen pendukung peningkatan leveling tersebut.

Termasuk, musti adanya pendampingan dan pembekalan yang dilakukan oleh BPKP untuk memfasilitasi kelancaran kinerja Tim Self Assesment dan Tim Self Improvement Kapabilitas, serta peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas APIP.

Unsur lain yang mesti dipenuhi, Kata Ashanul Haq, yakni adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) APIP, melalui Diklat Pembentukan dan Diklat Substansi, serta peningkatan kuantitas dan kualitas auditor yang didasarkan pada jumlah beban kerja yang harus dilaksanakan oleh Inspektorat, merancang dan membangun dan menerapkan sistem aplikasi berbasis IT untuk mendukung kelancaran tugas-tugas pengawasan, serta melakukan kegiatan Pelatihan seperti Bimbingan Teknis (Bimtek).

“Itu harus dipenuhi sebelum masuk level 3, tujuan utamanya adalah bagaimana mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, manajemen resiko dan pengendalian. Ketika sudah berada dalam level 3 itu maka kita sudah sampai pada pencegahan pelanggaran, bisa diminimalisir, sekurang-kurangnya bisa mendeteksi. Komisi I akan ikut dan tetap mengawal perncapaian level 3 untuk Inspektorat Wajo sebagai mitra kerja,”ujarnya. (Humas dan Protokoler DPRD Wajo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!