Torehkan Sejarah Baru, Amalia Aras jadi Perempuan Pertama Pimpin DPRD Sulbar – Pare Pos
Tomalebbi'ta

Torehkan Sejarah Baru, Amalia Aras jadi Perempuan Pertama Pimpin DPRD Sulbar

Hj Amalia Fitri Aras SE MM

Hj Amalia Fitri bersama suami dan kedua anaknya

Catatan: Ade Cahyadi

Sang Mutiara yang lahir di Desa Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, 30 Desember 1985, akan menorehkan sejarah baru dalam kancah perpolitikan di Sulawesi Barat (Sulbar). Dimana secara historis  Provinsi pecahan Sulawesi Sealatan ini dikenal sebagai wilayah bermukimnya suku Mandar. Dengan nama lengkap, Hj Amalia Fitri Aras SE MM, merupakan perempuan pertama yang memegang pucuk pimpinan di lembaga legislatif. Politisi muda Partai Demokrat Sulawesi Barat (Sulbar) tersebut, akan menjalani proses pengambilan sumpah jabatan sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu, 7 Februari 2018, besok.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan Ketua Pengadilan Tinggi Sulselbar, H Sunaryo SH MH. Jabatan Ketua DPRD Sulbar untuk sisa masa jabatan 2014-2019 diamanahkan kepadanya untuk mengantikan posisi Andi Mappangara. Putri dari Bupati Mamuju Tengah yang juga mantan Ketua DPRD Sulbar, H Aras Tammauni ini mencatatkan sejarah baru dalam dunia politik dan parlemen di Sulbar. Pasalnya, alumni Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini akan mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama yang memimpin DPRD Sulbar.

Sejak tahun 2005 hingga saat ini, Parlemen Sulbar didominasi laki-laki baik dari jumlah anggota maupun dalam struktur pimpinan. Periode 2014-2019, jumlah perempuan anggota dewan di DPRD Sulbar hanya berjumlah sembilan orang, termasuk ibu dari Andi Muh Abizar Azka Aras, Andi Ratu Ruqayyah Irwan dan Andi Raina Fatimah Az Zahra Irwan. Meski berjumlah minoritas, tapi istri dari Andi Irwan ST mengaku tetap optimis bisa menjalankan tugasnya dengan baik, dan bisa menyelesaikan sejumlah agenda yang tersisa di DPRD Sulbar.

Bagi pemegang titel Magister Manajemen di UMI Makassar ini, berkiprah di dunia politik yang didominasi kaum laki-laki, apalagi menjadi pimpinan di lembaga politik merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi. Ia pun mengaku telah siap memimpin DPRD Sulbar dengan segala dinamika dan tantangan yang menanti. “Saya terjun ke dunia politik karena adanya keterpanggilan. Melalui lembaga dewan yang terhormat ini, tentunya saya akan memperjuangkan kepentingan rakyat. Pada intinya adalah dari rakyat dan untuk rakyat,”ungkapnya. “Saya siap untuk menjalankan amanah yang diberikan. Bagaimana pun, ini merupakan tanggung jawab yang dipercayakan partai kepada saya, dan saya harus bisa memegang amanah ini dengan baik,”kata adik ipar dari Ketua DPRD Pangkep tersebut.(*)

DATA DIRI

– Nama : Hj. Amalia Fitri, SE, MM
– Tempat/Tanggal Lahir : Tobadak, 30 Desember 1985
– Jenis Kelamin : Perempuan
– Agama : Islam
– Status : Suami dari Andi Irwan ST

Anak :
– Andi Muh. Abizar Azka Aras
– Andi Ratu Ruqayyah Irwan
– Andi Raina Fatimah Az Zahra Irwan

Alamat : BTN Axuri Blok A/1, Kleurahan/Desa Rimuku, Kec. Mamuju. Kab. Mamuju Provinsi Sulbar

Riwayat Pendidikan :
– Tamat SD tahun 1996 berijazah,
– Tamat SMP tahun 1999 berijazah
– Tamat SMU tahun 2002 berijazah
– S1 UMI Makasssar tahun 2006 berijazah
– S2 UMI Makassar tahun 2010 berijazah

Riwayat Organisasi :
– Tahun 2011-2013 anggota pemuda pancasila mamuju
– Tahun 2013 anggota pemuda pancasila Mamuju Tengah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!