Wartawan Daftar Calon Komisioner, Ini Kata Ormas Pemuda di Pangkep – Pare Pos
Politik

Wartawan Daftar Calon Komisioner, Ini Kata Ormas Pemuda di Pangkep

Ketua GP Ansor Cabang Pangkep, Abbas Nur

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Dari 55 orang pendaftar seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) 2018-2023, selain diikuti anggota dan mantan anggota KPU, Dosen, PPK, hingga guru. Tercatat pula ada tiga wartawan yang ikut meramaikan pendaftaran tersebut.

Terkait terdaftarnya ketiga wartawan di KPU Pangkep, Ketua GP Ansor Cabang Kabupaten Pangkep, Drs Abbas Nur menilai, terjunnya wartawan dalam penyelenggara pemilihan umum, dapat dipastikan akan menjaga diri pada netralitas dan sikap independensi.

Menurutnya, seorang yang telah memahami betul dan tuntas pada profesi wartawan dan menjunjung tinggi kode etik jurnalis, diyakini orang tersebut pula dapat menjalankan amanah sebagai penyelenggara.

“Wartawan itu, sudah terbiasa dengan sikap netralitas dan independensi, karena itu merupakan tuntutan profesi yang diatur dalam kode etiknya. Ini, yang menjadi poin plus bagi seorang wartawan ketika ingin bergelut ke profesi penyelenggara pemilu,”ungkapnya.

Senada juga yang disampaikan, Ketua Ikatan Mahasiswa Darud Da’wah Wal Irsyad (IMDI) Kabupaten Pangkep, Ibnu Munzir jika majunya wartawan tentunya akan menjadi poin tersendiri. Namun, tentunya dengan melihat track record serta pengalaman dan media tempatnya beraktifitas. Terlebih mereka kerap bersinggungan dengan pelaksanaan demokrasi baik Pilkada maupun Pemilu.

Sekretaris KPU Pangkep, Zainal Abidin membenarkan adanya tiga wartawan yang maju menjadi calon komisioner KPU. Bahkan dari 6 peserta yang berpendidikan starata dua (S2), salah satunya dari perwakilan wartawan. Ketiga wartawan yang mendaftar yakni, Badauni AP (Alagraph.Com), Saiful Mujib (Rakyatku.Com) dan Ade Cahyadi (Penasehat SMSI Sulsel dari Media Harian Pare Pos).(awi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!