KPU: Jumlah DPT Berkurang dan TPS Bertambah di Pilkada Polman – Pare Pos
Pilkada Polman

KPU: Jumlah DPT Berkurang dan TPS Bertambah di Pilkada Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 sebanyak 294.442. Namun, jumlah DPT tersebut mengalami penurunan dibandingkan pada pelaksanaan Pilgub Sulbar 2017, lalu. Sesuai data jumlah DPT Pilgub di Polman mencapai 301.325, artinya jumlah DPT tersebut berkurang sekitar 6.883 pemilih.

Penetapan DPT oleh KPU Polman ini sesuai dengan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh petugas PPS dan PPK mulai ditingkat Desa/Kelurahan masing-masing melalui rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan hasil coklit petugas lapangan.

Penetapan DPT ini digelar dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Aula Gedung SLB Pekkabata, Kecamatan Polewali, Rabu 18 April yang dihadiri Ketua KPU Polman M Danial, Ketua Panwaslu Polman Suaib dan perwakilan kedua pasangan calon dan seluruh petugas PPS dan PPK.

Ketua KPU Polman M Danial mengatakan, penetapan DPT pada Pilbup Polman 2018 ini dibanding DPT pada Pilgub lalu justru tergerus dan tidak bertambah. Bahkan, dari jumlah DPS sebanyak 294.942 itu berkurang menjadi 294.442 dan itu berdasarkan hasil validasi oleh Dinas Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Polman.

Bahkan diakui, ada beberapa nama yang masuk dalam DPS itu bukan warga Polman, sehingga sesuai dengan ketentuan pemilihan yang bukan warga Polman tapi ada dalam DPS maka itu dicoret dari daftar pemilih.

Jadi berdasarkan hasil koreksi dan perbaikan terhadap DPS sebanyak 298.465 jumlahnya tergerus menjadi 294.442 dan ditetapkan menjadi Daftar pemilih tetap. dimana pemilih laki laki sebanyak 144.151 dan pemilih perempuan 149.944 dari jumlah tersebut, didalamnya termasuk Pemilih pemula sebanyak 8.694 dan pemilih penyandang disabilitas sebanyak 986.

Ia juga menyampaikan bahwa pemilih potensial non KTP dalam model AC 3 KWK yang telah diserahkan dinas pencatatan sipil, setelah ditelusuri terdapat 528 pemilih yang dikategorikan non KTP atau penduduk diluar Polman dan telah dilakukan pencoretan sesuai prosedur. Dan masih tersisa 499 yang belum dicoret. Akan tetapi justru pada Pilbup Polman tahun 2018 ini, jumlah TPS nya yang bertambah. Di Pilgub 2017 lalu jumlah TPS sebanyak 789 dan tahun ini bertambah menjadi 795 TPS.(win)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!