Penanganan Penyakit Kusta, Ini Imbauan Wabup Mamuju – Pare Pos
Sulawesi Barat

Penanganan Penyakit Kusta, Ini Imbauan Wabup Mamuju

Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababari

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU– Angka kasus kusta baru di Indonesia di tahun 2016 dilaporkan mencapai 16.826 kasus dengan angka prevalensi 0,71 per 10.000 penduduk. Hal itu menjadikan Indonesia berada diperingkat ke-3 di dunia setelah India dan Brazil. Provinsi Sulawesi Barat termasuk dari sembilan Provinsi yang memiliki prevalensi penyakit kusta diatas 1 per 10.000 penduduk dan ditargetkan untuk eliminasi pada tahun 2019. Sementara di Provinsi Sulbar sendiri, Kabupaten Mamuju termasuk dari 139 kabupaten yang memiliki angka prevalensi sama atau lebih besar dari 1 per 10.000 penduduk pada tiga tahun terakhir.

Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababari saat menjadi narasumber dalam kegiatan Dinas Kesehatan terkait advokasi, sosialisasi dan pelatihan singkat dalam rangka intensifikasi penemuan kusta dan frambusia di Marannu Golden Hotel menuturkan, angka prevalensi kusta per 10.000 penduduk pada tahun 2017 yang tertinggi dari semua kecamatan di Kabupaten Mamuju yaitu Kecamatan Sampaga dengan angka 3,8, disusul Papalang 2,9, Tapalang 1,4, Tommo’ dan Kalumpang 0,8, Kalukku’ 0,7,  Mamuju 0,6 dan Simboro 0,3, sementara Tapalang Barat, Bala-balakang dan Bonehau berada di angka 0,0.

Irwan Pababari menyebut, kemungkinan besar masih ada penderita kusta yang belum terdata, mengingat kebiasaan masyarakat di Mamuju yang masih malu jika mengidap suatu penyakit dan tidak ingin diketahui. Olehnya itu, kepada semua pihak baik Pemerintah Desa/Lurah bersama tenaga kesehatan untuk lebih intensif lagi melihat penderita yang ada dipelosok-pelosok.

Bahkan, kedepannya diharapkan ada tim atau kelompok yang dibentuk dari unsur pemerintah desa juga tenaga kesehatan di desa yang berkolaborasi dengan menyasar sudut kampung untuk melihat cirri-ciri penyakit menular ini. “Jangan sampai mereka sudah posisi cacat baru kita lakukan penanggulangan, pasti akan lebih sulit lagi,”tegasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!