Ratusan Sekolah Masih Terapkan UNKP di Pangkep – Pare Pos
Pendidikan

Ratusan Sekolah Masih Terapkan UNKP di Pangkep

Kadis Pendidikan dampingi Bupati dan Forkopimda dalam pemantauan UN tingkat SMP

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP– Minimnya sarana pendukung, seperti operator komputer, listrik dan server jaringan membuat ratusan sekolah di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) masih menerapkan sistem Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Dari total 134 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat didaerah tersebut, hanya 26 sekolah yang mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2018. Sisanya sekitar 108 sekolah belum bisa mendapat kesempatan yang sama. Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Pangkep, Idris Sira yang ikut mendampingi Bupati dan Forkopimda saat pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Senin 23 April, pagi tadi.

Untuk jumlah peserta UNBK dan UNKP tahun 2018, ditingkat SMP sederajat mencapai 6.725 orang. Terkait masih banyaknya sekolah yang masih menerapkan UNKP, mantan Kabag Aset Pemda Pangkep mengakui, kendalanya masih banyaknya belum dapat menggelar UNBK ini, terkendala pada fasilitas unit komputer dan server jaringan, termasuk banyaknya sekolah yang berada di wilayah kepulauan yang nota bene masih sangat minim fasilitas. Idris Sira menambahkan, pihaknya untuk saat ini telah berupaya bagaimana agar SMP/MTs sederajat pada tahun berikutnya sudah dapat pula menerapkan UNBK.

Ujian dengan menerapkan sistem UNBK dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada lembar jawaban, yang dapat merugikan siswa ketika ada lembar jawaban yang rusak dikarenakan tercoret tanpa sengaja dan juga basah. “Itu kelebihan UNBK, karena dikerjakan melalui komputer tidak lagi sistem tulis manual. Biasanya, ada lembar jawaban yang rusak, misalnya lantaran tangan siswa berkeringat lembar jawabannya rusak dan tidak terbaca oleh sistem,”singkatnya. (awi).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!