Tak LHKPN, Ada Empat Pejabat di Parepare

by

PAREPARE, PARE POS– Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pelaporannya berakhir tangal 31 Maret 2018 pukul 23.59 wita (malam), sesuai edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk semua pejabat negara se Indonesia, termasuk pejabat Kota Parepare baik pemkot maupun anggota legeslatifnya. Dengan telah berakhirnya pemasukan LHKPN ke KPK per tanggal 31 Maret 2018 lalu, tidak semua pejabat dalam lingkup Pemerintah Kota Parepare sudah memasukkan laporannya, termasuk anggota legeslatif , juga masih ada yang belum memasukkan sesui informasi yang berkembang.

Kepala Bagian Organisasi Pemkot Parepare Haryanto S Sos MM yang mengurus soal LHKPN ini mengatakan pelaporan LHKPN pejabat negara dalam lingkup Pemerintah Kota Parepare telkah berakhir 31 Maret 2018 pukul 23.59 wita (malam), namun masih ada yang belum memasukkan sampai sekarang, ” Masih ada pejabat yang belum memasukkan LHKPNnya sampai saat ini “, katanya.

Ditanya soal pemasukan LHKPN apa ada perpanjangaan atau sanksi bagi mereka yang tidak memasukkan, dijawab Haryanto bahwa hingga saat ini belum ada informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk perpanjangan atau sanksi kembali ke Peraturan Pemerintah (PP) 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS dan dikembalikan ke masing-masing Pemerintah Daerah untukl tindakan selanjutnya. “Perpanjangan belum ada info dari KPK dan untuk sanksi kembali ke PP nomor 53 tahun 2010 tentang disipilin PNS dan dikembalikan ke masing-masing pemda untuk tindakan selanjutnya”, katanya.

Tambah Haryanto, bahwa yang pasti pejabat atau penyelenggara negara wajib melaporkan harta sesuai Undang-Undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas KKN, dan UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK baik pejabat lingkup eksekutif dan legeslatif DPRD ada pula Surat Edaran (SE) Mendagri nomor 700/1542/SJ tanggal 12 Maret 2018 tentang kewajiban lapor LHKPN bagfi anggota DPR dan DPRD Provinsi , Kabupaten/Kota se Indonesia. “Pejabat Negera wajib melaporkan LHKPN”, katanya. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *