Telah Rampung, Presiden tak Kunjung Resmikan PLTB Sidrap – Pare Pos
Ajatappareng

Telah Rampung, Presiden tak Kunjung Resmikan PLTB Sidrap

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP– Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum memiliki jadwal untuk berkunjung ke wilayah Ajatappareng. Khususnya terkait peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidenreng Rappang. Padahal, seharusnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah meresmikan PLTB terbesar di Indonesia, sejak bulan Februari lalu. Mengingat pembangunan 30 unit kincir angin berkapasitas 75 Megawatt (MW) rampung dan sudah terkoneksi ke jaringan PLN.

Namun,hingga saat ini orang nomor satu di Indonesia itu belum meresmikan juga. Entah apa penyebabnya. Dan diduga tidak ada jadwal untuk itu. Sebelumnya, Jokowi yang digadang-gadang akan kembali maju di Pilpres 2019 mendatang sudah mengutus beberapa menteri untuk meninjauh progres PLTB Sidrap. Seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Menteri BUMN, Rini M Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basir. Bahkan Wakil Ketua DPR RI, Dr Agus Hermanto, serta Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief juga mengunjungi PLTB Sidrap. “Soal peresmian belum ada kabar dari kantor Kepresidenan atau ESDM. Kita masih terus menunggu jadwal ini,” kata press officer PT UPC Sidra Bayu Energi, Yermia Riesky, Rabu, 18 April.

Yermia menjelaskan, semua pengerjaan PLTB Sidrap sudah dan tersalurkan ke PLN. Saat ini, kata dia pekerjaan yang dilakukan hanya rutinitas harian saja. “Dari hari ke hari tim di sini semakin terbiasa dan menguasai sistem PLTB,” kata Yermia. Dari pantauan, sebanyak 30 kincir angin yang memproduksi 75 Megawatt (MW) listrik sudah berputar dan beroperasi di pengunungan Desa Lainungan dan Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap. Listrik yang dihasilkan PLTB Sidrap sudah normal dan tidak ada lagi masalah. Semuanya sesuai harapan yakni menghasilkan energi listrik terbaharukan pertama dan terbesar di Indonesia.

Proyek PLTB terbesar di Inonesia dengan yang menelan anggaran besaran nilai investasi Rp1,5 triliun mampu mengalirkan listrik untuk 70 ribu pelanggan di Sulawesi selatan dengan daya listrik rata-rata 900 VA. 30 unit turbin angin telah terpasang itu memiliki name plated rated capacity sebesar 2.5 MW. Turbin angin ini dipasang pada menara baja setinggi 80 meter dengan panjang baling-baling turbin 57 meter. PLTB Sidrap ini menjadikan Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit bertenaga angin, seperti Jepang, China, dan Korea. (ira)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!