Ternak Sapi Mati Mendadak di Tonyaman – Pare Pos
Sulawesi Barat

Ternak Sapi Mati Mendadak di Tonyaman

Ternak sapi mati mendadak

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpan) melalui Bidang Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, bergerak cepat dengan kejadian yang menghebohkan masyarakat di Dusun Kampung Baru, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang. Pasalnya, seorang peternak sapi mengalami kejadian yang tak lazim dari biasanya. Seekor sapi milik Kiki, ditemukan tiba-tiba mati mendadak tanpa sebab, Jumat 20 April, siang tadi.

Pemilik ternak sapi, Kiki mengatakan, tidak menemukan adanya tanda yang menyebabkan kematian ternaknya.
” Sapi itu malam harinya masih dalam keadaan baik dan terlihat sehat. Kemarin sore juga dilihat makan, tapi setelah pagi tetangga menelpon ke saya, waktu masih di pasar, sapi tersebut itu ditemukan sudah terbujur kaku dan mati. Kalau tidak salah diperkirakan sapi ini mati subuh hari, sekitar pukul 05.00 wita,”kata Kiki.

Kepala Bidang Peternakan Distanpan Kabupaten Polman, bersama dengan dua orang dokter hewan mendatangi lokasi tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap hewan tersebut. Ir Kaharuddin mengatakan, mendengar informasi adanya hewan sapi yang mati tiba tiba, kami pun langsung turun dilokasi untuk mengecek kepastian apa penyebab matinya hewan ini, karna yang ditakuti adalah hewan tersebut mati akibat virus penyakit hewan yang mematikan dan menular seperti antraks.
dr hewan Sinaniah Bagenda menambahkan, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab matinya sapi ini. Kita baru saja mengambil sample darahnya untuk dites, namun untuk lebih validnya dan jelasnya penyebab matinya kita tunggu hasil laboratorium dari Balai Veteriner Maros.(win)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!