Inovasi Baru, Pantai Binuang Dilengkapi Sepeda Air

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah, memanfaatkan potensi destinasi wisata pantai menjadi salah satu pesona tersendiri di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Salah satunya dengan membuat inovasi baru, seperti objek wisata pantai di Dusun Bajoe, Desa Rea, Kecamatan Binuang dengan membuat sepeda diatas air .

Sepeda air ini dibuat sendiri oleh Kepala Dusun Bajoe, Sunusi yang dapat digunakan untuk menyusuri pesisir pantai dan melihat pemandangan pulau pulau di Kecamatan Binuang. Diakuinya,
awalnya dia terinspirasi oleh ajakan temannya untuk menyebrangi pulau. Maka dari situlah muncul ide membuat sepeda air untuk menyeberangi pulau.

Pembuatan sepeda air ini cukup lumayan besaran dana yang dikeluarkan bahkan menghabiskan hingga Rp 3,7 per satu unit sepeda. Supaya tidak tenggelam, sepeda  ditopang oleh dua pelampung terbuat dari fiber dan berjalannya sepeda ini digerakkan oleh baling-baling yang tenaganya dihasilkan dari roda pengendara yang ada diatasnya. Sementara untuk kemudinya itu terbuat dari lempengan besi yang berada dibawah setir.

Dia mengaku memerlukan waktu cukup lama untuk menyelesaikan satu unit sepeda air. Tak ada kesulitan yang dihadapinya untuk merakit sepeda ini Sebab, saat merakit dia melihat tutorial di Youtube. “Sejak adanya wisata sepeda air ini sudah banyak pengunjung yang datang untuk mencoba sensasi bersepeda diatas air,”katanya, Sabtu 12 Mei, siang tadi.

Untuk tarif pengunjung, kata Sunusi, hanya membayar sewa Rp 20 ribu selama perjam. “Di buka dari pagi hingga sore hari. Biasanya sore paling banyak pengunjung,” katanya. Pengunjung bukan hanya wisatawan lokal, namun juga berasal dari luar daerah seperti Parepare dan Makassar. Biasanya pengunjung ramai pada hari libur.

Salah satu pengunjung dari Polewali, Stefanus usai menaiki sepeda air ini sangat merasa senang dan terlihat menikmati sensasi bersepeda diatas air. “Luar biasa wisata sepeda air ini sangat keren, karena setelah kita diatas sepeda ini kita sangat menikmatinya hingga kita terlupa akan waktu yang hanya sejam. Sungguh luar biasa,”ujarnya.(win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *