Kemenag Pastikan Potongan Vidio 17 Ramadan tak Resmi – Pare Pos
Nasional

Kemenag Pastikan Potongan Vidio 17 Ramadan tak Resmi

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kementerian Agama Mastuki

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Viral di media sosial potongan rekaman sambutan Menteri Agama Lukman Hakim berdurasi sekitar 14 detik terkait penetapan awal 1 Ramadan 1439H/2018M jatuh pada 17 Mei 2018. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kementerian Agama Mastuki memastikan bahwa potongan video itu tidak resmi dari Kementerian Agama.

“Potongan sambutan itu informasi yang tidak resmi dan viralnya juga tidak bersumber dari Kementerian Agama. Karenanya, potongan itu juga bukan merupakan pengumuman kapan 1 Ramadan atau awal puasa,” tegas Mastuki di Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

“Kami sudah melakukan penelusuran dan sudah menemukan pelaku yang mengunggah video tersebut di media sosial. Dan, yang bersangkutan kami minta pertanggungjawabannya,” lanjutnya.

Menurut Mastuki, video singkat tersebut merupakan potongan salah satu versi rekaman sambutan Menag yang disiapkan untuk tayang di salah satu TV Nasional usai pelaksanaan sidang isbat. Selama ini, menjadi tradisi Kementerian Agama untuk menyiapkan rekaman sambutan dalam dua versi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi semua kemungkinan terkait hasil sidang isbat, apakah sore ini hilal terlihat sehingga Ramadan 1439H dimulai 16 Mei 2018 atau hilal tidak terlihat sehingga Sya’ban digenapkan 30 hari dan Ramadan 1439H dimulai 17 Mei 2018. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!