Budiono: KM Kirana Miliki Dispensasi Penumpang – Pare Pos
Metro Pare

Budiono: KM Kirana Miliki Dispensasi Penumpang

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Manajer PT Dharma Lautan Utama Cabang Parepare, Budiono membantah informasi jika kapasitas muatan KM Kirana melebihi kapasitas yang seharusnya (over load). Jika mengacu pada manifest KM Kirana jumlah penumpang sebanyak 976 orang. Akan tetapi hal ini tidak membuat KM Kirana over, karena masih sesuai kapasitas muat. “KM Kirana itu bisa mengangkut hingga diatas 1.000 penumpang,”kata Budiono, Selasa 12 Juni, melalui WhatsApp pribadinya.

Budiono mengakui, pada saat arus mudik atau balik lebaran PT Dharma Lautan Utama sadar akan meningkatnya jumlah pelanggan. Maka dengan alat keselamatan yang cukup atau lebih 25 persen dari jumlah penumpang, kami meminta penambahan kapasitas muat kepada Syahbandar Makassar. Hasilnya setelah di survei, kata Budiono, KM Kirana mendapatkan penambahan kapasitas muat atau dispensasi overload. ” Tambahan kapasitas penumpang sebanyak 228 orang, dengan total kapasitas menjadi 1.059 orang, dengan area pelayaran lokal dengan rute Parepare-Batulicin-Balikpapan- Parepare pulang pergi yang ditempuh lebih dari 24 jam”jelasnya.

Sesuai surat yang ditandatangani Syahbandar Utama Makassar melalui Kepala Bidang Status Hukum dan Spesifikai Kapal Moh Ali S.AP,MSi pertanggal 5 Juni akan berlaku sampai tanggal 5 Juli 2018. Dari data yang dihimpun parepos.co.id,  Kemenhub telah memberi dispensasi kelebihan muatan bagi kapal angkut penumpang. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi arus balik mudik. Kapal laut merupakan salah satu moda transportasi andalan antarpulau saat musim mudik. Kendati diizinkan kelebihan muatan, Kemenhub tetap mengontrol batas maksimal jumlah penumpang sehingga tak akan membahayakan perjalanan kapal. Dasar penghitungan batas maksimal dispensasi overload adalah fasilitas keselamatan yang tersedia di kapal dan luas ruang bebas bergerak untuk penumpang.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!