Lolai, Spot Wisata Subuh Hari – Pare Pos
Style dan Keren

Lolai, Spot Wisata Subuh Hari

PAREPOS.CO.ID, TORAJA — Daya tarik destinasi pariwisata puncak Lolai atau yang dikenal dengan Negeri Diatas Awan di Makale Kabupaten Toraja Utara mengundang rasa penasaran pengunjung. Spot wisata yang menawarkan hamparan awan diketinggian 1300 meter itu memantik para pewisata untuk berkunjung pada subuh dini hari.

Laporan Khusus: Awaluddin

Seperti yang terlihat di puncak gunung Lempe Desa Lolai, Minggu dini hari (17 Juni 2018). Meski jarum jam masih menunjukkan pukul 04.30 WITA, ratusan pengunjung dari wisatawan lokal berbagai daerah mulai memadati kawasan wisata yang luasnya tidak lebih dari 500 meter persegi.

Menurut Rombe, salah seorang warga disana yang kebetulan memandu rombongan dari Parepare mengatakan pewisata yang berkunjung ke Lolai memilih waktu subuh karena pada saat itu awan akan mengepul dan menghampar persis disisi tebing yang tingginya mencapai 700 meter. “Saat itulah momen yang paling ditunggu untuk diabadikan dengan kamera pengunjung,” katanya

Sementara pengunjung lain anonim dari kabupaten Enrekang yang datang bersama keluarganya sudah kali ketiga ke Lolai. Ia tertarik datang untuk mengabadikan hamparan awan dari puncak. Menurutnya kemunculan awan yang ditunggu biasanya datang pada pukul 05.00 subuh hingga pukul 06.00 pagi. “Beberapa bulan lalu saya ketempat ini juga, dan saya mendapati pemandangan awan yang menarik,” ujarnya sambil memperlihatkan foto dikamera ponselnya.

Spot yang dikelola oleh pemerintah daerah Toraja Utara itu telah menyiapkan infrastruktur sarana dipuncak tebing yang telah dipagari batas pengaman. Sisi tebing digunakan para wisatawan untuk ber swa foto sambil menunggu datangnya awan. Diatas puncak juga di lengkapi fasilitas rumah singgah (home stay) yang disewakan berikut lahan parkir dan warung makan lengkap dengan layar lebar yang ditancapkan ditengah diantara kokohnya Tongkonan khas Suku Toraja. Betapa tidak kebetulan bertepatan dengan gelar piala dunia 2018.

Hingga pukul 05.47 wita (viewer) awan yang ditunggu belum tampak. Rasa penasaran pengunjung pun semakin menjadi. Tidak sedikit diantaranya mengeluhkan kemunculan awan yang tak kunjung datang. “Kita lagi tidak beruntung hari ini,” kilah mereka. Namun yang tampak terlihat pemandangan alami Tanah Toraja dari ketinggian tebing yang menakjubkan.

Setidaknya ada lima spot wisata dengan view yang sama di kawasan Lolai dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yakni To’Tombi, Tirotiku, Bukit NATO, Lempe, dan Pong Torra.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!