Salat Idul Fitri Dipusatkan di Stadion Andi Mappe, Dipandu Direktur Deradikalisasi BNPT RI – Pare Pos
Pro Daerah

Salat Idul Fitri Dipusatkan di Stadion Andi Mappe, Dipandu Direktur Deradikalisasi BNPT RI

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menetapkan pelaksanaan salat Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 Masehi untuk tingkat kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan, Jumat 15 Juli, akan dipusatkan di Stadion Andi Mappe, Kelurahan Padoang-doangan, Kecamatan Pangkajene.

Salat Idul Fitri kali ini akan dipandu oleh Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Prof DR HM Irfan Idris MA selaku khatib dan yang bertindak sebagai imam yaitu Muhammad Yusuf Bandi SAg MA. Hal itu diungkapkan, Ketua PHBI Kabupaten Pangkep yang juga menjabat Kepala Kemenag, DR H Jamaruddin MAg melalui WhatApp pribadinya, Rabu 13 Juli 2018. ” Kegiatan akan mulai dilaksanakan pukul 06.30 Wita, dengan mengangkat tema ‘Bulan Ramadan Tonggak Pemersatu Umat Dalam Membangun Masyarakat, Memelihara Keberagaman Guna Mencegah Faham Radikal,” jelasnya.

Selain itu, sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu hujan di pagi hari. Maka PHBI menyiapkan Masjid Agung sebagai lokasi kegiatan. Sebagai upaya persiapan pelaksanaan, Kemenag bersama Pemkab Pangkep pagi ini akan mulai melakukan persiapan berupa kerja bakti dan bersih-bersih di area Stadion Andi Mappe. ” Jam 7 pagi ini, kita akan lakukan bersih-bersih di lokasi kegiatan salat Idul Fitri,”ungkapnya. Terkait masalah arah kiblat, kata H Jamruddin, itu telah diukur sedemikian rupa dan yang jadi masalah jika ada jemaah yang tidak mau diatur. ” Kalau shaf kita sudah ukur letak arah kiblatnya dan dibentangkan tali pelurus shafnya. Dan kita berharap jemaah yang datang dapat mengikuti petunjuk ,”jelasnya.

Sebelumnya, PHBI juga meralat permintaan partisipasi lomba pawai keliling, dimana berdasarkan surat Gubernur Sulsel terkait imbauan untuk tidak melaksanakan takbir keliling. Namun, sebagai gantinya akan dilaksanakan lomba bedug di halaman rumah jabatan bupati, pada Kamis 14 Juni, malam. ” Lomba bedug dilaksanakan sambil menunggu pengumuman resmi pemerintah,”jelasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!