Berlaku Umum, Puluhan Randis Siap Lelang di Polman – Pare Pos
Sulawesi Barat

Berlaku Umum, Puluhan Randis Siap Lelang di Polman

Kendaran roda empat yang akan mengikuti lelang di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Puluhan kendaraan dinas (Randis) baik roda dua maupun empat milik pemerintah daerah siap dilelang bulan ini di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Kendaraan yang akan dilelang tersebut, kini terparkir di halaman Kantor Dinas Badan pelatihan dan Kepegawaian ( BKPP), dan sudah masuk dalam tahap penilaian oleh bagian aset daerah.

Kepala Bidang Bagian Aset Pemkab Polman,  Musrifah membenarkan jika saat ini pemerintah daerah telah mengusulkan puluhan unit randis  untuk dilelang. Randis yang akan dilelang diantaranya dari Kementrian Keuangan berupa mobil dinas sebanyak 21 unit dan roda dua sebanyak 68 unit. “Kami dari bagian aset telah melakukan penilaian kendaraan, mana yang layak untuk dilelang dan kondisinya masih bagus dan masih bisa beroperasi,”jelasnya, Kamis 12 Juli, siang tadi.

Syarat dari pada barang yang bisa dilelang itu harus ada penilaiannya, dan menurut BMD Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendgari) Nomor 19 tahun 2016 setiap kendaraan itu ketika mencapai umur ekonomisnya bisa dilelang dalam kondisi apa pun. Misalnya kendaraan itu rusak berat namun biaya perbaikannya lebih mahal dari pada beli kendaraan baru, maka itu bisa dilelang sesuai aturan yang ada sebab akan dicarikan kendaraan pengganti.

Kendaran dinas yang mau dilelang, kata Musrifah, sesuai dengan usulan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bersama bagian aset. Namun, sebelum menerima usulan itu dan semua kendaraan yang dilelang itu harus dinilai terlebih dahulu baru kita serahkan ke Kantor Pelayanan kekayaan Negara dan Lelang ( KPKNL) Sulawesi Barat yang berkantor di Mamuju. “Persoalan lelang kendaraan dan kekayaaan aset daerah itu KPKNL punya otoritas dan semua peserta lelang nantinya akan berhubungan langsung dengan KPKNL melalui website atau akun dari kantor KPKNL,”jelasnya. “Lelang ini akan terbuka bagi setiap warga dan berlaku umum,”timpalnya.(win)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!