Dinsos Pangkep Hadirkan Pusat Layanan dan Informasi PMKS – Pare Pos
Opini

Dinsos Pangkep Hadirkan Pusat Layanan dan Informasi PMKS

Dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dijelaskan bahwa kesejahteraan sosial merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Laporan: Wahyudin, SE
(Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial)

Sementara dalam faktanya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Dengan mengacu pada undang-undang tersebut maka kini Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjadi program prioritas Dinas Sosial Kabupaten Pangakajane dan Kepulauan (Pangkep).

Terbukti dengan di rilisnya Pusat Layanan Dan Informasi PMKS, Dinas Sosial melalui Proyek Perubahan maka diharapan pusat layanan dan informasi ini bisa memudahkan masyarakat dalam menyampaikan masalah-masalah kesejahteraan sosial yang ada di sekitarnya. Pengaduan terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial ini dikhususkan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial.

Diantaranya, anak balita terlantar, anak terlantar, perempuan rawan sosial ekonomi, lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, fakir miskin, anak yang menjadi korban tindak kekerasan atau diperlakukan salah, anak yang berhadapan dengan hukum, korban tindak kekerasan, tuna susila, pemulung, kelompok minoritas, korban penyalahgunaan NAPZA, keluarga bermasalah sosial psikologis, korban bencana alam, korban bencana sosial, orang dengan HIV/AIDS, dan korban trafficking.

Jika di tempat tinggalta terdapat masalah sosial seperti yang mencakup point-point PMKS maka jangan sungkan menyampaikan masalah tersebut melalui SMS atau Via Whatsapp di nomor 081243873737, bukan hanya itu, kami juga menyediakan email pmksdinsospangep18@gmail.com dan Website dinsospangkep.org khusus untuk menerima laporan dari masyarakat Pangkep. “Saya berharap Pusat layanan dan informasi ini bisa dijadikan sarana untuk bersinergi bukan hanya dengan dinas terkait tapi juga bersinergi dengan masyarakat untuk membantu mereka diluar sana,”ungkap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Wahyudin, SE. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!