Disdikbud Polman Izinkan Sekolah Bebankan Biaya Seragam Sekolah

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), tidak mempersoalkan adanya pembebanan biaya seragam yang dilakukan pihak sekolah kepada orang tua siswa. Walaupun, jauh hari Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengingatkan jika biaya seragam itu adalah urusan personal dimana pihak sekolah seharusnya tidak terlalu membebankan biaya seragam.

Namun, faktanya dari pantauan parepos.co.id, Senin 9 Juli, beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Polman membebankan biaya seragam seperti baju batik, seragam olah raga dan rompi siswa pada masa penerimaan siswa baru (PSB). Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Disdikbud Kabupaten Polman, H Muhiddin mengatakan, bagi orang tua siswa yang mampu membelikan seragam sekolah bagi anak anaknya itu tidak masalah.

Dan dibolehkan dilakukan oleh sekolah sepanjang tidak memberatkan bagi orang tua siswa yang benar-benar dari golongan tidak mampu. “Sesuai dengan surat edaran Pjs. Bupati Polman Amujib, pembelian seragam di sekolah itu dibolehkan saja asal tidak memberatkan bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu,”ujar H Muhiddin.

Dia mengatakan, untuk sekolah yang menggratiskan seragam sekolah adalah sekolah yang kurang diminati sehingga sekolah tersebut membuat program menggratiskan semua biaya. Seragam sekolah seperti yang dilakukan oleh sekolah-sekolah lainya. Muhiddin menjelaskan, seragam sekolah ini merupakan ciri khas sekolah dan kedepannya nanti seragam sekolah akan diseragamkan mengunakan motif perahu sandeq baik SD maupun SMP.

Untuk tahun ini, kata Muhiddin, hanya beberapa sekolah yang baru menjadi contoh untuk keseragaman baju sekolah. Penggunaan motif batik dengan ciri khas daerah akan menjadikan usaha batik dengan motif Sandeq bergairah karena seluruh SMP dan SD akan menggunakan motif batik yang sudah di sepakati sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Polman.(win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *