FAS Mohonkan PHP ke MK, Ketua KPU: Penetapan Menanti Hasil – Pare Pos
Pilwalkot Parepare

FAS Mohonkan PHP ke MK, Ketua KPU: Penetapan Menanti Hasil

Nur Nahdiyah

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima pengajuan permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Parepare 2018. Permohonan PHP tersebut diajukan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2, Faisal Andi Sapada-Asriady Samad (FAS-AS).

Hal itu berdasarkan pantauan PARE POS di laman resmi Mahkamah Konstitusi (MK) RI (http://www.mahkamahkonstitusi.go.id), pengajuan permohonan PHP dengan nomor tanda terima:2/PAN/PHP-KOT/2018, pokok perkara: perselisihan hasil pemilihan Walikota Parepare tahun 2018, pemohon: DR Ir H Achmad Faisal Andi Sapada, dan Asriady Samad, A.Md. tertanggal 6 Juli 2018, pukul 14.29 WIB. Sedangkan termohon adalah KPU Parepare.

Pengajuan permohoan PHP Pilkada Parepare juga dibenarkan Ketua KPU Parepare, Nur Nahdiyah yang dihubungi, malam tadi. “Sudah ada pengajuan permohonan penyelesaian hasil pilkada untuk Parepare di MK,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sehubungan dengan telah dilakukannya rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara Pilwalkot Parepare tahun 2018 pada  Rabu, 4 Juli tahun 2018 di Media Center KPU Parepare, maka dengan ini disampaikan  tata cara, proses dan tahapannya.

Untuk tahapan tanpa ada permohonan PHP, kata dia, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 1 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 bahwa penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan PHP dilaksanakan setelah MK  mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilihan dalam buku register perkara.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!