Penelitian Puslitbang, Polda Sulbar Peringkat Pertama Soal Kepercayaan dan Kinerja

by

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU–  Penilaian dan peringkinan yang diumumkan langsung oleh Mabes Polri berdasarkan surat No. B/378/VII//LIT2.1/2018/Puslitbang perihal penyampaian hasil penilitian ‘ Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Kinerja Polri’ tahun anggaran 2018. Sesuai hasil Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang), dari 33 Kepolisian Daerah (Polda) diseluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berdasarkan tingkat kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri.

Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) yang merupakan Polda pemekaran dari Sulawesi Selatan yang masih berusia belia, kini sudah mampu menempati urutan pertama. Dari hasil peringkinan dari analisa penilaian kepercayaan masyarakat, Polda Sulbar menjadi urutan teratas di susul D.I Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Bengkulu dan seterusnya. Polda Sulsel sendiri berada pada urutan ketujuh.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar, MSi melalui Kabid Humas AKBP Hj. Mashura, SH mengaku sangat mengapresiasi kinerja personilnya, meskin terbatas dengan jumlah personil namun tetap mampu memperlihatkan kualitas yang sangat membanggakan. Menurutnya, hasil penilaian ini tidak terlepas dari kerjasa yang telah dibangun oleh seluruh elemen masyarakat demi sulbar yang lebih malaqbi. dimana kontribusi yang diberikan selama ini menunjukkan hasil yang pantastis, tutur Kapolda.

Hal ini memang perlu diapresiasi dan ditingkatkan, namun penghargaan ini jangan sampai membuat kita sekalian berpuas dan berbangga hati, tetap berikan yang terbaik hingga akhir pengabdian, sambungnya. Sementara itu, Kabid Humas menjelaskan analisa penilaian kepuasan masyarakat atas kinerja polri meliputi dan ditinjau dari 5 indikator yaitu, bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).

Sebelumnya, dari hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) yang dilakukan selama dua minggu, 14 – 28 Juni 2018, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja lembaga Kepolisian Repuplik Indonesia (Polri) masih tinggi. Tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga Polri tercatat 78,3 persen. Begitupun hasil survei terbaru Litbang Kompas, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polri meningkat dari 46,7 persen pada 2014 menjadi 82,9 persen pada 2018. (*)

Sumber: Humas Polda Sulbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *