Politisi Santun Dikenal Religius, Hidup dalam Kesederhanaan – Pare Pos
Tomalebbi'ta

Politisi Santun Dikenal Religius, Hidup dalam Kesederhanaan

* Amran Mahmud, Bupati Wajo Tepilih Periode 2019-2024 *

Bupati Wajo terpilih H Amran Mahmud lahir di Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, 11 April 1970, silam. Ia merupakan Wakil Bupati Wajo periode 2009-2014, serta merupakan seorang akademisi dan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Wajo sejak tahun 2004 sampai sekarang. Amran Mahmud melewati masa kecilnya di kota kelahirannya. Ia hidup bersama keluarga dalam suasana kesederhanaan. Bakat sosialnya muncul sejak usia dini dan bakatnya dalam organisasi sudah tertanam dalam pribadinya sejak ia duduk di sekolah dasar.

Laporan: Ilham Tandjung

Suami Hj St Maryam ini merupakan figur yang sederhana, dalam melakukan manuver-manuver politiknya, Amran Mahmud selalu mengedepankan politik santun, religius dan bersahaja. Perjalanan karier politik Amran Mahmud diawali dengan bergabung ke Partai Amanat nasional pada tahun 2003. Ia kemudian terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Wajo pada Pemilihan Umum tahun 2004 dengan masa bhakti 2004-2009.

Pada Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Wajo 2009, H Andi Burhanuddin Unru menggandeng Amran Mahmud untuk ikut bertarung dalam pesta demokrasi rakyat Wajo dan pasangan ini berhasil menang dengan selisih suara yang cukup banyak dari beberapa pesaingnya. Dalam Pilkada Wajo 2013, H Amran Mahmud kembali mencalonkan diri selaku Calon Bupati Wajo dengan menggandeng H Muhammad Yusuf Karosi dengan taqline Amanah-AYM. Namun, ia harus legowo menerima kekalahan pada saat itu.

Masa itu, Pilkada Wajo dimenangkan oleh pasangan H Burhanuddin Unru dan Andi Syahrir Kube Dauda (pemerintahan saat ini, red) yang lebih dikenal dengan taqline ASYIK. Usai menjabat selaku Wakil Bupati Wajo mendampingi H Andi Burhanuddin Unru, Amran Mahmud yang juga merupakan kader Muhammadiyah ini banyak bergelut di dunia akademisi. Ia merupakan salah satu dosen di Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah pusat Sengkang.

Meski harus tumbang pada Pilkada 2013 lalu. Keinginannya untuk membangun Kabupaten Wajo, dan menciptakan pemerintahan yang bersih dan amanah tak sampai di situ saja. Pilkada 2018 ini, Amran Mahmud kembali mencalonkan diri. Amran Mahmud yang juga pemilik Wajo Computer Center (WCC) dipertemukan dengan sosok pengusaha sukses asal Kota Banjarmasin, adalah Haji Amran SE. Kedua pasangan inipun mengusung slogan lebih amanah dan lebih sejahtera dengan taqline PAMMASE. Hingga akhirnya ia ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Wajo oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).(*)

DATA DIRI

H. AMRAN MAHMUD, S.Sos, M.Si
– Tempat Lahir : Sengkang
– Agama : Islam
– Nama Isteri : Hj. St. Maryam, S.Sos, M.Si

Riwayat Pendidikan :

– Tk. Aisyiyah (Bustanul Athfal) Sengkang Tahun 1972
– SD Muhammadiyah Sengkang Tahun 1983
– SMP Negeri 1 Tempe Tahun 1986
– SMA Negeri 2 Sengkang Tahun 1989
– S1 STIA Puangrimaggalatung Sengkang Tahun 2003
– S2 STIA Puangrimaggalatung Sengkang Tahun 2007
-S3 UIN Alauddin Makassar Tahun 2018

Karier :
-Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo
-Anggota DPRD Wajo Priode 2004-2009
-Wakil Bupati Wajo Priode 2009-2014
-Direktur Wajo Komputer Center (WCC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!