Siswa Baru, Guru SMPN 2 Majene Bagikan Seragam Gratis – Pare Pos
Pendidikan

Siswa Baru, Guru SMPN 2 Majene Bagikan Seragam Gratis

Kepala SMPN 2 Majene, H David saat memberikan pakaian seragam kepada siswa baru secara gratis pada siswa yang mengikuti pengenalan lingkungan sekolah (PLS).

PAREPOS.CO.ID, MAJENE–Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Majene sudah mulai menggelar kegiatan seperti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sekaligus membagikan seragam sekolah secara gratis kepada siswa baru. Pembagian seragam gratis itu dari para guru secara sukarela. Sementara tujuan dari PLS yang dilaksanakan untuk mencapai kualitas peserta didik baru. Beberapa bentuk kegiatan itu diantaranya melakukan kegiatan upacara bersama bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2018-2019 di halaman SMPN 2 Majene.

Kepala SMPN 2 Majene, H David, menuturkan, adanya kegiatan PLS ini merupakan bagian dari aturan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa peserta didik baru untuk tetap mengikuti kegiatan PLS. “Karena itu, PLS ini dianggap penting dilaksanakan bagi peserta didik baru terutama diawal masuk sekolah, seperti untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar serta penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah,” ungkap David, Rabu, 11 Juli.

Kegiatan PLS selama tiga hari berturut-turut mulai, 9-11 Juli, dilakukan dengan pengawasan para guru kelas masing-masing. Tujuannya, agar dapat membentuk mental siswa dan saling mengenal satu sama lain. Disamping itu, lanjutnya, agar peserta didik baru bisa menanamkan rasa nasionalisme termasuk dengan penyesuaian karakter. Begitu juga dengan siswa harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah agar dapat meraih prestasi akademik secara maksimal.

“Ada berbagai ragam kegiatan PLS bagi siswa baru dilakukan, seperti upacara pembukaan PLS, pengisian formulir PLS, pengenalan siswa baru, ekstrakurikuler, warga sekolah, visi dan misi, keliling lingkungan sekolah, pengenalan dasar-dasar Pendidikan Baris Berbaris (PBB), TUB, keselamatan berlalui lintas, dan prilku serta etika berkomunikasi,” ujarnya.

Pembelajaran lainnya yang tak kalah pentingnya adalah etika pergaulan, penyelesaian masalah, pengenalan budaya dan tata tertib sekolah, penanaman karakter, kegiatan bahaya pornografi dan narkoba, adiwiyata, Gerakan Pungut Sampah (GPS) dan beberapa kegiatan lainnya yang kesemuanya bernuansa positif bagi siswa itu sendiri. Sekedar diketahui peserta didik baru di SMPN 2 Majene yang mengikuti PLS sebanyak 195 siswa. (edy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!