Warga Bukkere Hanya Nikmati Listrik dari Kincir Air atas Swadaya Masyarakat – Pare Pos
Ajatappareng

Warga Bukkere Hanya Nikmati Listrik dari Kincir Air atas Swadaya Masyarakat

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Sungguh miris nasib warga di Dusun Bukkere, Desa Cenrana, Kecamatan Panca Lautang Sidrap.Sejumlah fasilitas negara belum masuk ke daerah terpencil itu. Padahal jarak dari pemukiman padat penduduk hanya sekitar 10 Kilometer (KM).

Begitu juga jumlah rumah dan penduduknya pun lumayan banyak ada sekitar 262 jiwa. Potensi peningkatan perekonomian juga sangat luar biasa.

Seperti tanaman cengke, kemiri, durian, kopi, jagung dan tanaman holtikultura lainnya. Namun hal itu tidak berarti apa-apa, sebab warga terkendala dengan akses transportasi.

Sama halnya dengan jaringan listrik dari PLN juga belum ada. Warga hanya menggunakan listrik dari tenaga kincir air yang dibagun atas swadaya masyarakat.

Kincir air itu didirikan di air terjun yang tidak jauh dari pemukian warga. “Disini ada tiga buah kincir air yang berfungsi sebagai aliran listrik. Itupun dibuat dengan menggunakan alat seadanya,” kata Latang (35), Kamis, 12 Juli.

Kincir air itu pun, kata dia tidak berjalan normal dan sudah beberapa kali diganti akibat termakan usia. Tak hanya itu, aliran listrik juga terkadang tidak normal bahkan mati jika musim kemarau. (ira)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!