Pilkada Usai, Mari Rajut Persahabatan – Pare Pos
Opini

Pilkada Usai, Mari Rajut Persahabatan

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 telah usai dengan berbagai drama politik yang tersajikan. Di Kota Parepare, KPU telah menetapkan pasangan Taupan Pawe-Pangerang Rahim sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare terpilih 2018-2023, Minggu 12 Agustus 2018.

Catatan: Ade Cahyadi

Walau bukan sebagai warga Kota Parepare, namun tinggal di Kota Parepare tentunya ucapan selamat diberikan kepada bapak-bapak yang terpilih dan berterima kasih untuk Faisal Andi Sapada dan Asriadi Samad atas pengabdian serta pembelajaran berdemokrasi di kota kelahiran Presiden RI ketiga, BJ Habibie.

Jujur saya katakan, hiruk pikuk Pilkada Kota Parepare ini sangat terasa. Lingkungan sosial sangat kental dukungan kepada kedua pasangan, membuat segala bahasa maupun pembicaraan bermuatan politis. Beberapa sahabat saya yang merupakan relawan dari dua pasangan calon gencar mempromosikan mereka. Rela turun ke sana-sini melayani segala permintaan relawan.

Di sisi lain, perbedaan pandangan itu tidak melunturkan persahabatan. Bahkan tetap saling menghormati, pilihan dijadikan sebuah pembelajaran berharga tentang berdemokrasi. Hari ini saya melihat kekecewaan dan kelelahan yang jelas dari wajah segenap tim sukses dan relawan baik yang kalah maupun menang. Bahkan ada di antaranya yang tampak meneteskan air mata, dan beberapa lagi hanya diam termenung.

Tentunya, disadari atau tidak, betapa lelah hati dan mental dalam perhelatan demokrasi. Dan ketika semuanya selesai, maka jangan lagi ada simbol-simbol pemisahan antara kedua kubu. Segalanya akan kembali seperti biasa, hidup harus terus berjalan. Maka dari itu, sebagai pemersatu kuputuskan membeli gorengan sebagai bentuk penguatan kepada mereka, dan semua tertawa sembari menyusun kembali rencana ke depan.

Dari tulisan ini, saya simpulkan, bahwa ketika semua ini berakhir, sebuah hubungan jauh lebih penting dari sebuah perbedaan pandangan politik. Bagaimana pun hubungan yang dijalani, jangan sampai rusak karena politik. Mari rajut kembali persahabatan itu, karena itu yang terpenting dari segalanya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!