Sidang MK, Kuasa Hukum KPU Pinrang: Pemilih Gunakan Suket Tercatat – Pare Pos
Pilkada Pinrang

Sidang MK, Kuasa Hukum KPU Pinrang: Pemilih Gunakan Suket Tercatat

PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Pinrang di Ruang Pleno MK, Rabu 1 Agustus 2018.

Sidang lanjutan tersebut  dipimpin Ketua MK Anwar Usman didampingi Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna dan Wahiduddin Adams. Agenda persidangan kedua adalah mendengarkan jawaban Termohon, keterangan pihak terkait dan Panwas.

Dalam perkara Nomor 32/PHP.BUP-XVI/2018, Mappinawang selaku kuasa hukum KPU Kabupaten Pinrang menyebutkan, dalil adanya pemilih siluman yang termobilisasi akibat surat keterangan (suket) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pinrang merupakan dalil yang mengada-ada.

Terhadap perkara yang dimohonkan Paslon Nomor Urut 1 Abdul Latif dan Usman (Bersalam) ini, Mappinawang menekankan, pemilih yang menggunakan suket tersebut tercatat dalam formulir yang disiapkan khusus sehingga terdata dengan baik.

“Dalil Pemohon yang menyatakan adanya 3.000-an pemilih siluman itu sungguh mengada-ada karena tidak seluruh pemilih yang pakai suket, tetapi ada juga yang pakai KTP,” bantahnya seperti yang dikutip dari Website Mahkamah Kontitusi RI.

Jawaban termohon tersebut juga senada dengan bantahan dari pihak Terkait yang diwakili Ahmad Irawan selaku kuasa hukum, bahwa pemilih siluman hanya indikasi dari Pemohon semata dan merupakan suatu bentuk keberatan yang tidak berdasarkan hukum.

“Pemilih yang pakai suket itu kan sebenarnya legal dan ditegaskan juga suket itu bisa digunakan serta merupakan kebijakan nasional. Jadi, pada dasarnya suket hanya identitas,” terang Ahmad. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!