KPU Wajo Rekomendasikan 6.112 Pemilih Pemula Dikeluarkan dari DPT – Pare Pos
Politik

KPU Wajo Rekomendasikan 6.112 Pemilih Pemula Dikeluarkan dari DPT

Andi Tenri Sampeang

PAREPOS.CO.ID, WAJO  —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo mengeluarkan ribuan pemilih pemula dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Wajo. Pemilih pemula yang dikeluarkan untuk sementara waktu itu sebanyak 6112 orang.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Wajo Divisi Perencanaan dan Data Andi Tenri Sampeang Kamis 13 September 2018. Kata dia, sebenarnya jumlah pemilih pemula untuk Wajo kiriman dari Kemendagri melalui KPU sebanyak 6.396.

“Dari angka itu, setelah dilakukan penelusuran bersama Disdukcapil ternyata didapati sebanyak 284 yang telah melakukan perekaman. Sehingga tersisa 6.112, rinciannya laki-laki 3.100 pemilih dan perempuan 3.012 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman,”ujarnya

Pemilih pemula yang dikeluarkan sementara waktu itu, kata Andi Tenri, lantaran belum melakukan perekaman e-KTP. Angka itu, sejumlah 6.112 adalah pemilih pemula yang selanjutnya akan diakomodir oleh KPU untuk masuk dalam DPT pemilu 2019.

“Sebanyak 6.112 pemilih pemula yang kita rekomendasikan ke KPU Provinsi untuk dikeluarkan. Itu sifatnya sementara, sambil menunggu kesemuanya telah melakukan perekaman,”jelasnya

Lebih lanjut, Andi Tenri Sampeag mengatakan setelah melakukan koordinasi antara KPU Wajo dengan Disdukcapil selanjutnya perekaman pemilih pemula telah dibuka akses untuk melakukan perekaman di Kecamatan masing-masing.

“Sehingga pemilih pemula tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman. Seperti perekaman yang telah dilaksanakan, di Kecamatan Maniangpajo begitu juga Pammana yang dikawal oleh PPK,”tambahnya

Sekedar diketahui, DPT Wajo setelah dikeluarkan pemilih pemula sejumlah 6.112 tersebut, sehingga saat ini jumlah pemilih yang tersisa sebanyak 273.980 orang pemilih.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Wajo Heryanto mengatakan jika 6.112 adalah jumlah pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP. Menurutnya, Bawaslu juga telah merekomedasikan kepada KPU untuk dihapus didalam DPT selanjutnya diplenokan secara terbuka.

“Pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) itu akan ditetapkan oleh KPU dalam waktu dekat. Sebelum ditetapkan bertambah dan berkurangnya DPT didasari oleh hasil pencermatan beberapa pihak, baik itu KPU, Bawaslu, dan Disdukcapil,”ujarnya (ile/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!