PN Sidrap Eksekusi Tanah dan Rumah Penduduk, Ini Lokasinya

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Eksekusi tanah perumahan beserta satu unit bangunan rumah panggung berlangsung di Sumpang Mango, Kecamatan Pitu Riawa, Sidrap, Rabu, 5 September. Eksekusi tersebut atas dalam perkara perdata antara penggugat perempuan Inari sekaligus pemohon eksekusi melawan tergugat lelaki Andi Tappa bin Andi Tutu selaku termohon eksekusi.

Giat tersebut mendapatkan pengamanan ketat dari pihak kepolisian yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Ilyas Ardi dengan personil pengamanan dari Polres Sidrap dan Polsek Dua Pitue.”Alhamdulillah, eksekusi ini berjalan lancar dan aman,” kata Kompol Ilyas Ardi.

Diketahui, eksekusi itu berdasarkan permohonan eksekusi sesuai amar putusan Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang Nomor : 23/Pdt.G/2011/PN Sidrap,Tanggal 15 Nopember 2011. Kemudian putusan Pengadilan Tinggi Makassar Nomor : 15/PDT/2012/PT. Mks, tanggal 12 Maret 2012. Putusan kasasi Mahkamah Agung RI Nomor :2791 K/PDT/2012, tanggal 26 April 2012 dan putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 178 PK/PDT/2015,tanggal 28 Mei 2015.

Eksekusi itu dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri (PN) Sidrap yang dipimpin oleh Panitera Mastur SH dan dihadiri oleh Kepala desa Sumpang Mango H Jamaluddin dan Lurah Lancing A. Muktu Ali. Hadir pula pihak pemohon eksekusi I Nari beserta pihak keluarganya dan eksekutor berjumlah kurang lebih 50 orang. Selain itu, pihak termohon eksekusi dihadiri oleh anak termohon Andi Nur Fadillah.

Giat eksekusi diawali dengan melakukan evakuasi terhadap anak – anak termohon yang masih berada diatas rumah objek eksekusi dan selanjutnya dilakukan penebangan tanaman pohon serta pengosongan dan pembongkaran satu unit rumah panggung yang berada diatas tanah objek eksekusi. Selanjutnya penetapan eksekusi dengan nomor 23 eks/Pen Pdt.G/2011/PN Sidrap dibacakan oleh Staf Pengadilan Negeri Sidrap Abd Rahman yang disaksikan oleh kades Sumpang Mango dan Lurah Lancirang. Kemudian itu penetapan eksekusi diserahkan kepada pihak pemohon eksekusi I Nari. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *