KPU Polman Ajak Mahasiswa Kawal Pemilu 2019 – Pare Pos
Politik

KPU Polman Ajak Mahasiswa Kawal Pemilu 2019

 

PAREPOS.CO.ID, POLMAN – Mahasiswa sebagai kelompok masyarakat intelektual, diharapkan berperan aktif mengawal Pemilu 2019, agar berlangsung sukses, demokratis dan berkualitas. Peran aktifnya, selain menggunakan hak pilih di TPS pada hari pemungutan suara 17 April 2019, juga turut serta menggaungkan ajakan kepada masyarakat menjadi pemilih cerdas, menolak politik uang, melawan hoaks, intimidasi dan kekerasan.

Hal tersebut dikemukakan Ketua KPU Kabupaten Polewali Mandar, M Danial, di depan puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Polman, pada seminar pendidikan politik, di Hotel Ratih, Polewali, Rabu 24 Oktober.

Seminar tersebut dilaksanakan HMI Cabang Polman bekerjas ama dengan Polda Sulbar, menghadirkan tiga narasumber. Selain Ketua KPU Polman, juga Ketua Bawaslu Saifuddin, dan Wakapolres Polman Kompol Mihardi.

Ketua KPU Polman tidak hanya menyatakan pentingnya peran aktif mahasiswa mengawal setiap tahapan Pemilu 2019. Lebih dari itu, mengajak mahasiswa berperan langsung sebagai penyelenggara Pemilu. Dikatakan, pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 dibutuhkan ribuan penyelenggara di tingkat KPPS. KPU terbuka untuk pendaftaran calon penyelenggara untuk yang memenuhi syarat, termasuk dari kalangan mahasiswa,.

Dikemukakan, mahasiswa sebagai sebagai insan yang kritis dan memiliki militansi tinggi, harus berperan aktif menjadikan pemilih cerdas menggunakan hak pilih dengan hati, bukan karena imbalan uang, terpengaruh berita hoaks, atau terseret hanya memikirkan kelompok tertentu.

Pemilih pemula, di dalamnya termasuk sebagian mahasiswa sebagai kaum milenial, sangat diharap berperan menggaungkan penolakan semua hal yang melanggar aturan, karena akan menciderai demokrasi yang diharapkan semakin berkualitas.

Dia menyebut, data sementara, jumlah pemilih pemula di Polman sebanyak 9.413, yang di dalamnya termasuk para mahasiswa yang baru pertama akan menggunakan hak pilih pada Pemilu nanti.

Sementara Ketua Bawaslu Polman, Saipuddin mengatakan pentingnya partisipasi semua pihak mengawasi setiap tahapan Pemilu 2019. Bentuk partisipasi dimaksud, antara lain melaporkan setiap pelanggaran kepada Bawaslu untuk diproses sesuai ketentuan UU Pemilu.

Sedangkan Wakapolres, Kompol Mihardi, mengajak peserta seminar yang berasal dari beberapa perguruan tinggi untuk menjadi contoh kepada masyarakat lainnya, dengan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku, baik dalam pelaksanaan Pemilu maupun untuk keamanan dan ketertiban masyarakat. (win/lim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!