Polres Polman Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 – Pare Pos
Sulawesi Barat

Polres Polman Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

 

PAREPOS.CO.ID, POLMAN – Kepolisian Resort (Polres) Polewali Mandar (Polman) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Polman menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), di Kantor KPU Polman, Kamis 11 Oktober.

Dalam giat Sispamkot itu melibatkan 200 personel Polres Polman. Kegiatan diawali dengan ratusan massa yang tidak menerima salah satu calon legislatif dukungannya digugurkan KPU karena diduga adanya kecurangan dalam penghitungan suara, mendatangi kantor KPUD Polman.

Massa kemudian menggelar orasi di depan kantor KPU, menuntut Ketua KPU menemui massa. Massa semakin beringas membakar ban dan berusaha merangsek masuk ke dalam kantor KPU, namum berhasil dihalau aparat keamanan.

Aparat kemudian menyemprotkan air dari mobil water canon yang telah disiagakan di Kantor KPU. Kericuhan akhirnya bisa diredam, setelah Ketua KPU Polman menemui massa.

Kapolres Polman, AKBP Muhammad Rifai mengatakan, simulasi ini sesuai dengan petunjuk dari Polda Sulbar, dengan tujuan agar pada saat pelaksaanaan Pemilu, pengamanan sudah siap.

“Namun yang paling penting adalah, kondisi yang terjaga saat ini tetap kondusif aman dan terkendali. Kita juga harapkan dari masyarakat dan calon legislatif bisa tetap bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif,” tuturnya, usai kegiatan.

Sementara Ketua KPUD Polman, M Danial mengatakan, simulasi itu menjadi penyemangat bagi KPUD Polman sebagai pihak penyelenggara, bagaimana melaksanakan semua tahapan berdasarkan aturan. “KPU sebagai pihak penyelenggara sudah bisa melihat bahwa ada kemungkinan hal yang terjadi seperti itu,” jelas Danial. (win/lim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!