Daerah Peraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, Ini Pengakuan Wapres RI – Pare Pos
Metro Pare

Daerah Peraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, Ini Pengakuan Wapres RI

Gubernur Sulsel bersama Wali Kota Parepare usai menerima penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018

 

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengakui, kepala daerah penerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 berarti telah melakukan upaya perubahan pelayanan kepada masyarakatnya. Hal itu diungkapkan, Jusuf Kalla saat membuka The International Public Service (IPS) Forum 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 7 November, pagi tadi.

Inovasi pelayanan publik yang ada harus terus dikembangkan. Wapres mengapresiasi instansi pemerintah yang telah memiliki inovasi bahkan meraih penghargaan inovasi pelayanan publik. Tak lupa, Wapres memberi ucapan terima kasih kepada KemenPANRB atas upayanya meningkatkan daya saing, serta upaya bangsa Indonesuia dalam menjalankan negara secara baik dan tepat untuk memajukan bangsa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menjelaskan, di era demokrasi, pemerintahan di seluruh dunia sudah menjadi semakin transparan. Masyarakat sangat dahaga dengan kualitas pelayanan oleh negara. Disamping itu, masyarakat juga semakin peduli dan melihat bagaimana berjalannya pemerintahan. “Hasrat terdalam di benak rakyat sesungguhnya adalah pemerintah bekerja dari rakyat – oleh rakyat – untuk rakyat, hadir dan melayani mereka,” ujarnya.

Salah satu kepala daerah penerima penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengakui, penghargaan ini sebagai bukti program pemerintah sudah menyentuh langsung terkait pelayanan dasar kepada masyarakat. Khususnya di sektor kesehatan yang selama ini sudah menjadi prioritas. Ia pun mengaku, Pemkot Parepare patut berbangga karena untuk masuk jajaran top 40 cukup banyak saingan. “Tahun depan, kita akan coba inovasi baru lagi. Penghargaan ini sebagai bukti nyata tata kelola pemerintahan di sektor pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Penghargaan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan-RB) Nomor 636 Tahun 2018 tentang Top Inovasi 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Kegiatan ini pun dihadiri ribuan peserta, 56 praktisi dan 35 inovator dari 10 negara di dunia. Peraih Top Inovasi 40 di Sulsel diraih, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Balai Penerapan Mutu Produk Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan dengan inovasi sejuta ikan dengan sertifikasi pengujian mutu hasil perikanan agar produk perikanan Sulsel tetap mendunia. Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan dengan inovasi eksistensi pelayanan Kesehatan Gratis terintegrasi CALL CENTRE 112.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melalui Dinas Pendidikan dengan inovasi Kelas Perahu. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Kesehatan dengan inovasi antenatal care hipnoterapi. Dan Pemerintah Kabupaten Takalar melalui SDN 81 Kalukubodo, Dinas Pendidikan dengan inovasi Papan Kontrol Kesehatan (Papa Sehat) dengan Kontrol Kesehatan Peserta Didik di Sekolah Menuju Indonesia Sehat.(*/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!