Distanpan Polman Segera Tinjau Saluran Tersier di Dara – Pare Pos
Sulawesi Barat

Distanpan Polman Segera Tinjau Saluran Tersier di Dara

 

PAREPOS.CO.ID, POLMAN – Keluhan beberapa warga kelompok tani di Dara, Kelurahan Darma, Kecamatan  Polewali Polman soal buruknya jaringan irigasi tersier yang mengairi puluhan hektare sawah, Dinas  Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Polman akan melakukan penijauan.

Bidang Sarana dan Prasarana Distanpan, Andi Ibrahim Wela berjanji segera meninjau langsung di mana  titik jaringan irigasi yang rusak tersebut.

“Saya cek dulu di mana lokasi yang rusak jaringan  irigasi tersiernya,” ujar Ibrahim sebelum masuk ke ruang aspirasi untuk rapat dengar pendapat (RDP)  dengan petani di Desa Rumpa, di Gedung DPRD Polman, Selasa 6 November.

Namun ia mengaku serba salah kalau ada pekerjaan proyek irigasi yang dikerjakan saat musim tanam  tiba, sementara kalau ada pekerjaan, progresnya harus segera selesai, sebab diburu target  penyelesaian.

“Kalau bersamaan musim tanam dengan pekerjaan proyek, para petani menanam. Tapi kita mau lihat dulu  bagaimana kondisinya untuk dicarikan solusi,” janjinya.

Sebelumnya diberitakan, petani di Lingkungan Dara, Kelurahan Darma, Polman, mengeluhkan buruknya jaringan irigasi tersier yang mengairi persawahan mereka. Sekitar 700 meter jaringan irigasi tersier yang mengairi puluhan hektare sawah petani rusak parah karena belum dibeton.

Salah seorang petani di lingkungan tersebut mengatakan bahwa jaringan irigasi tersier ini sejak dulu seperti itu dan sekarang semakin parah. “Setiap pengolahan sawah banyak pematang irigasi yang roboh dan merusak tanaman padi,” katanya.

“Serba salahki karena kalau kita tambah debit air pasti banyak pematang yang roboh dan meluap, tapi kalau debit air dikurangi banyak juga sawah yang tidak kebagian air,” keluhnya.

Ia mengaku bahwa sudah berulang kali diukur dan sudah pernah akan dikerjakan, tapi bertepatan pas pengolahan sawah. “Bagaimana ceritanya saluran irigasi dikerja sementara sawah juga sedang diolah untuk ditanami,” tandasnya.

Tiga bulan kemarin saat musim kemarau tepat sekali untuk dikerjakan, tapi tidak tahu bagaimana prosedurnya sehingga tidak dikerjakan. Puluhan petani di Lingkungan Dara sangat mengharapkan perhatian dinas terkait supaya puluhan hektare sawah bisa menggunakan air dengan baik (win/lim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!