Entaskan Kemiskinan, Dewan Soroti Program OPD di Pangkep – Pare Pos
Pro Daerah

Entaskan Kemiskinan, Dewan Soroti Program OPD di Pangkep

Salah satu warga miskin di Kampung Barasa, Kecamatan Minasatene

 

PAREPOS. CO. ID, PANGKEP– Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Ir Alfian Muis menilai pemerintah daerah belum sepenuhnya fokus dalam mengentaskan kemiskinan. Hal itu mengacu pada RAPBD 2019 yang dilihatnya, dari tiap program Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Padahal sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2017, tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai titik terendah selama 10 tahun terakhir yaitu sebesar 10,12 persen. Namun, hal itu menempatkan daerah penghasil ikan bandeng ini pada posisi pertama tingkat kemiskinan di Sulsel, dibawah Kabupaten Jeneponto.

Sesuai data tersebut, kata legislator Partai Golkar, membuktikan jika kebijakan dan keseriusan OPD tak fokus. Padahal telah ada data nama dan alamat, atau by name by address dari BPS. ” Seharusnya OPD dengan mudah melihat hal itu, tapi nyatanya tidak demikian. Apa lagi, program ini sangat sederhana sekali, tapi kayaknya OPD tak menyikapinya,” ujar Alfian.

Alfian pun menyoroti program yang akan dilaksanakan, seharusnya bisa menyentuh ke lapisan bawah dan itu semua bisa disikapi tiap OPD. Bukan malah perjalanan dinas yang beberapa bulan ini menjadi sorotan tajam dari masyarakat. “Kemiskinan itu terjadi karena program salah sasaran, tidak terpadu dan berkelanjutan,”tegasnya.

Sesuai data yang dihimpun, ada 46 ribu warga miskin di Kabupaten Pangkep. Bahkan rencananya di TA 2019, pemerintah dibawah kepemimpinan H Syamsuddin A Hamid dan Syahban Sammana baru akan berupaya meng intervensi 13 ribu jumlah penduduk miskinnya. Jumlah itu merupakan persentase dari sekitar 250 ribu lebih penduduk di Kabupaten Pangkep. (ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!