KASN Jatuhkan Saksi ASN tak Netral di Pangkep – Pare Pos
Politik

KASN Jatuhkan Saksi ASN tak Netral di Pangkep

 

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menjatuhkan sanksi disiplin sedang kepada seorang ASN di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) karena pelanggaran netralitas. Surat yang ditandatangani Ketua KASN, Sofyan Efendy ini ditujukan kepada Bupati Pangkep dan ditembuskan kepada Bawaslu Pangkep.

Dalam surat dengan nomor R-2384/KASN/10/2018 disebutkan, berdasarkan hasil pemeriksaan Bawaslu terhadap ASN berinisial AMP yang bertugas di Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, disebutkan AMP terbukti melakukan pelanggaran setelah membagikan postingan di media sosial berupa ajakan memilih partai politik.

AMP membagikan postingan tersebut melalui akun Al Fatih Farraz yang diakui sebagai miliknya. “Qt harus bersatu menangkan mereka (Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Berkarya, dan Partai Keadilan Sejahtera) dipileg guys?” demikian tulisan yang dibagikan AMP, pada 4 September 2018 lalu.

Postingan ini direspons Bawaslu Pangkep dengan memanggil AMP untuk diperiksa. Menurut Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir Salam, dalam pemeriksaan, AMP mengakui bahwa dirinya yang membagikan postingan. Namun, kepada Bawaslu Pangkep, ia mengaku tidak mengetahui perihal aturan tentang netralitas termasuk di media sosial bagi ASN.

“Hasil pemeriksaan itu kita kirim ke KASN. Kita semua tinggal menunggu sanksi dari Bupati, karena surat itu ditujukan untuk bupati,” ujar Samsir kepada wartawan, Rabu 7 Nopember.

Dalam surat tersebut disebutkan perbuatan AMP merupakan perbuatan keberpihakan pada partai yang bagaimanapun juga adalah partai yang mendukung salah satu Capres dan Cawapres pada Pemilu 2019. Perbuatan AMP dinilai melangar azas, kode etik pegawai, dan perilaku ASN.

AMP dinilai melanggar sejumlah aturan terkait ASN diantarnya, UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, PP nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS dan Huruf C surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2017.

“Ini peringatan bagi semua ASN untuk tidak coba-coba tidak netral dalam Pemilu. Kami mengajak kepada semua untuk mewujudkan Pemilu damai dengan patuh terhadap aturan,” terang Samsir. (awi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!