Menuju BBM Satu Harga Secara Nasional, Begini Harapan Hj Andi Yuliani Paris – Pare Pos
Ekonomi

Menuju BBM Satu Harga Secara Nasional, Begini Harapan Hj Andi Yuliani Paris

PAREPOS.CO.ID, WAJO — Sosialisasi “Implementasi Sub Penyalur Dalam Rangka Percepatan Penerapan BBM 1 Harga Secara Nasional” berlangsung di Hotel Sermani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi-selatan, Sabtu 24 November 2018.

Kegiataan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program pemerintah mengenai percepatan BBM satu harga secara nasional melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan  Gas Bumi (BPH Migas).

Sub penyalur merupakan perwakilan dari anggota masyarakat yang melakukan kegiatan penyaluran BBM dengan sistem titip beli dengan mendapatkan penggantian ongkos angkut yang wajar yang ditetapkan oleh pemerintah paerah dan diangkat pula oleh pemerintah daerah. Untuk itu pengawasan kegiatannya dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Program sub-penyalur ini bisa menjadi perantara resmi untuk menyalurkan BBM kepada masyarakat yang tinggal di wilayah 3T (Terpencil, Terluar, dan Terdepan). Sehingga secara tidak langsung keberadaan sub-penyalur mampu mengurangi jumlah penjual BBM pengecer tidak resmi yang saat ini menguasai rantai distribusi BBM dari SPBU kepada masyarakat.

Dengan keberadaan sub penyalur ini, lonjakan harga BBM di wilayah 3T diharapkan dapat teratasi. Sebab nantinya, harga yang dipasang di sub penyalur BBM dipatok dari harga pasaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah kemudian ditambah dengan biaya angkut yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hj Andi Yuliani Paris berharap dengan adanya sub penyalur ini akan lebih mempermudah masyarakat dalam memperoleh BBM. Termasuk harga lebih murah, lebih efisien, dan legal.

“Kita tidak ingin lagi harga BBM mahal dan penyebarannya harus merata. BBM ini bagaimana supaya bisa menjadi satu harga. Untuk itu kita harapkan mudah-mudahan kita dapat memiliki sub-penyalur, kelompok tani juga bisa menjadi penyalur paling tidak untuk anggotanya,”harapnya

Hj Yuliani Paris, legislator yang membidangi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup ini menegaskan jika Sub penyalur itu akan memudahkan penguna sehinga lebih efisien lebih murah biaya angkutnya dan kemudian sudah bisa diprediksi dan legal.

“Karena itu merasa perlu untuk mengadakan sosialisasi ini, sebagaimana tugas negara yang telah diberikan,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu hadir selaku narasumber Anggota Komisi VII DPR RI Hj Andi Yuliani Paris, Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan, RFM Manager PT Pertamina (Persero) MOR VII I Ketut Permadi Aryakuumara, Kepala Bidang Evdal ESDM Provinsi Sulsel Ishak.

Kegiatan ini turut dihadiri pula Bupati Wajo yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo H Amiruddin. Untuk peserta berasal dari unsur Pemda Wajo, Tokoh Akademisi, pengurus koperasi, serta dari kalangan masyarakat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!