Raih Penghargaan Top 40, Ini Kata Bupati Pangkep – Pare Pos
Pro Daerah

Raih Penghargaan Top 40, Ini Kata Bupati Pangkep

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri PANRB Syafruddin saat menyerahkan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 kepada Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE dalam pembukaan acara IPS Forum 2018, Rabu 7 November, kemarin.

 

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik dalam acara pembukaan The International Public Service (IPS) Forum 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 7 November, kemarin. Salah satu penerima penghargaan tersebut yakni Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Syamsuddin A Hamid SE.

Pemerintah Kabupaten Pangkep meraih penghargaan melalui inovasi ‘Kelas Perahu’. Bahkan dengan pencapaian tersebut, program ‘Kelas Perahu’ dipersiapkan oleh pemerintah mewakili Indonesia untuk berlaga pada event Internaaional UNPSA ( United Nation Public Servis Award). Rencananya, UNPSA akan dilaksanakan di Kanada,pada bulan ini juga. Selain Pangkep, untuk Sulsel ada dua daerah lainnya yang juga ikut terpilih yakni Kabupaten Luwu Utara melalui inovasi antenatal care hipnoterapi dan pendistribusian guru secara proporsional. Serta Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan yaitu lorong sehat (Longset).

Sebelumnya, Bupati Pangkep dua periode, H Syamsuddin A Hamid SE mengaku bangga dengan pencapaian yang dilaksanakan melalui program Kelas Perahu. “Kita akan berusaha terus untuk dapat menyakinkan semua pihak jika inovasi ini baik, sehingga kami siap diseleksi dengan bersaing dengan daerah yang masuk TOP 40 secara nasional,”singkatnya, Kamis 8 November, pagi ini.

Seperti diketahui, pencapaian itu melalui hasil Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 636/2018. Dimana Kementerian PANRB menetapkan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 merupakan inovasi yang dikategorikan outstanding (terpuji) hasil seleksi dari Top 99.

Penilaian kompetisi dilakukan secara independen oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pakar pelayanan publik yang kompeten dan memiliki reputasi baik. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 terdiri dari lima inovasi kementerian, dua inovasi Kepolisian Negara RI, delapan inovasi pemerintah provinsi, 15 inovasi kabupaten, dan 10 inovasi dari pemerintah kota.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan wujud dari program One Agency One Innovation yang mewajibkan K/L dan pemerintah daerah untuk menciptakan minimal satu inovasi setiap tahunnya. Proses kompetisi ini dilakukan secara online melalui aplikasi berbasis web Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) melalui sinovik.menpan.go.id. Telah terekam sebanyak 2.824 inovasi pelayanan publik di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun ini. Bulan September lalu, juga telah dilakukan Penyerahan Penghargaan bagi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.(ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!