Sepuluh Daerah di Sulsel Raih Penghargaan KemenPANRB

by

 

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Sepuluh Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam bidang pelayanan publik. Kesepuluh daerah tersebut diantaranya, Kota Parepare, Makassar, Palopo, Kabupaten Pinrang, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Wajo, Maros, Bulukumba, Sinjai dan Kabupaten Gowa.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri PANRB Syafruddin kepada para perwakilan daerah di Balai Kartini Jakarta, Selasa 27 November, siang tadi. Enam aspek yang dievaluasi mulai dari kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, sistem konsultasi, dan pengaduan, serta inovasi.

Penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 176 Tahun 2018 tentang Penetapan Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Evaluasi pelayanan publik tahun 2018, dilakukan pada unit penyelenggara pelayanan publik di 34 provinsi dan 208 di tingkat kabupaten/kota yang telah dilakukan mulai bulan Mei hingga Oktober 2018.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) , Syafruddin mengakui, evaluasi bukan untuk menentukan benar atau salah, bukan pula untuk menumbuhkan kompetisi yang menggradasi kualitas pelayanan publik dan bukan sebagai pacuan atau perlombaan yang mendiskriminasi kualitas. “Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan asistensi bagi kekurangan sehingga bisa diperbaiki, serta mendorong terwujudnya clean and good governance, serta lebih mendorong bagaimana pelayanan itu bermanfaat langsung bagi rakyat,” katanya.

Maka, bagi yang sudah memperoleh nilai yang baik, sebaiknya tidak terlena dan berpuas diri karena sifat pelayanan publik yang selalu dinamis mengikuti kebutuhan masyarakat. Sedangkan bagi mereka yang belum memperoleh nilai yang memuaskan, diminta dapat terus berbenah dan belajar dari wilayah lainnya. Dalam kesempatan yang sama, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan, tahun ini Kementerian PANRB melakukan evaluasi terhadap 681 unit pelayanan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dengan hasil tersebut, diperoleh nilai indeks rata-rata unit penyelenggara pelayanan publik adalah 3,08. Rinciannya, pelayanan publik total keseluruhan nilai indeks rata-rata provinsi 3,00 dan kabupaten dan kota 3,17. Dari 11 kepala daerah pembina pelayanan publik sangat baik, salah satunya diraih Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. Sedangkan dari 16 unit pelayanan publik kategori pelayanan prima salah satunya diraih RSUD Kota Makassar.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *