Gunakan Atribut Calon, Ini Kata ASN di Pangkep – Pare Pos
Pilpres 2019

Gunakan Atribut Calon, Ini Kata ASN di Pangkep

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Inisial YI oknum ASN pada Dinas Perdagangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) angkat bicara.

Terkait penggunaan atribut calon di jaket yang bertuliskan ‘#2019 Prabowo Presiden Indonesia’ dan berpose kemudian memposting ke status akun WhatsApp miliknya. YI berdalih, bahwa jaket yang digunakannya tersebut semata-mata hanya sebagai fungsi pelindung hujan.

Dan tidak memperhatikan jelas tulisan pada jaket yang dikenakannya tersebut. “Jaket itu saya kenakan spontan milik keluarga, karena hujan menggunakan sepeda motor. Saya tidak lagi perhatikan jaket itu apa tulisannya. Yang jelas hanya semata untuk fungsi pelindung hujan,”ujar YI, Kamis 6 Desember, 2018, malam ini.

Ia juga berdalih, mengenakan jaket dengan tulisan tersebut, dirinya tidak sedang menunjukkan keberpihakannya terhadap salah satu pasangan calon presiden.

Dari data yang dihimpun, selama pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019  setiap ASN harus memperhatiakan UU No 5/ 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, dimana pada Pasal 2f tentang Asas Netralitas ASN disebutkan bahwa setiap Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapapun.

Untuk itu penting bagi ASN wajib untuk mematuhi kode etik sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 42/2004 tentang Pembinaan Jiwa korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil pada pasal 11c disebutkan bahwa PNS wajib menghindari konflik kepentingan pribadi atau golongan termasuk dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon / mengindikasikan terlibat politik praktis / berafiliasi dengan partai politik .

Nah untuk ASN, berikut beberapa larangan yang wajib dihindari selama Pemilihan kepala Daerah 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.(awi/ade)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!