Hakim Terlibat Tipikor, Ini Penegasan Ketua Mahkamah Agung – Pare Pos
Nasional

Hakim Terlibat Tipikor, Ini Penegasan Ketua Mahkamah Agung

Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali

 

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali menyebut tidak memberikan toleransi kepada hakim peradilan dilingkungan MA yang melakukan atau terlibat tindak pidana korupsi. Sebab, sepanjang 2018 terdapat lima orang hakim yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tidak ada sama sekali toleransi dari MA terhadap seluruh jajarannya apabila melakukan tindakan-tindakan apalagi yang bersifat tindak pidana korupsi. Pidana pun sesuai di MA, orang yang bermasalah kita bisanasakan saja,” kata Hatta Ali saat melakukan ‘Refleksi Akhir Tahun Kinerja Mahkamah Agung RI Tahun 2018’ di kantor MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis 27 Desember 2018.

Putra asal Enrekang itu menjelaskan, para hakim yang tertangkap tangan KPK yakni hakim di Pengadilan Negeri Tangerang, hakim ad hoc Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan, dua hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan satu hakim karir pada Pengadilan Negeri Semarang. Tak hanya itu, terdapat tiga orang panitera yang juga ditangkap oleh lembaga antirasuah. Mereka yakni, panitera pengganti pada Pengadilan Negeri Tangerang, panitera pada Pengadilan Negeri Medan, dan painters pada Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Ali menuturkan, para hakim dan panitera yang tertangkap tangan KPK saat ini telah diberhentikan dan tidak bisa lagi bertugas seperti sedia kala. “Terhadap para hakim dan para aparatur peradilan yang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, MA sekarang juga dengan menindaklanjuti dengan menerbitkan SK pemberhentian sementara,” pungkasnya.(*/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!