Porseni, SMADA Parepare Gelar ‘Gilde Sport Art I’ – Pare Pos
Pendidikan

Porseni, SMADA Parepare Gelar ‘Gilde Sport Art I’

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) SMAN Negeri 2 (SMADA) Parepare berlangsung meriah. Acara dikonsep dengan paduan seni musik dan tari yang tinggi. Panitia menampilkan ragam performance persembahan dari siswa-siswi SMADA. Seperti seni tari budaya khas Sulsel, tari jeppeng dan tarian khas daerah lain.

Selain seni tari, panitia juga menyuguhkan penampilan musik band SMADA, dance, serta pantomim. Sesekali para siswa histeris melihat aksi rekan-rekannya di panggung. Kepala UPT SMAN 2 Parepare, Drs Palemmui mengatakan, kegiatan itu disebut Gilde Sport Art I dengan tema ‘Merajut Asa Meraih Prestasi Melalui Tetes Keringat dan Harmoni Syair Nada di Bumi SMADA’.

Gilde kata Palemmui dikenal sejak zaman Yunani Romawi, dimana pada zaman hellenisme adalah puncak perkembangan kesenian yang dikenal dengan zaman renaiacance. “Pada waktu itu para seniman, akrobat, ahli dan jago-jago atletik berkumpul memproklamirkan diri karena selama itu mereka bekerja berkarya hanya berdasarkan perintah sang raja. Terkungkung tanpa berimajinasi kreatif,” urai Pals nama akrab Palemmui.

Setelah zaman itu, lanjut Pals, para aktor seni dan atlet tersebut keluar membentuk paguyubannya sendiri dengan nama Gilde. Berangkat dari kisah tersebut hingga menginspirasi lahirnya Gilde Sport Art atau porseni ala SMADA setelah para siswa kusuk dengan ujian semester. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan itu bagaimana merubah cara berpikir siswa untuk berani serta dapat memanage event seni dan olahraga yang besar sekaligus menjadi implementasi materi pembelajaran kewirausahaan.

Sebab dalam acara tersebut dibutuhkan penyandang dana sebagai sponsor kegiatan yang mana para siswa-siswi sendiri yang berupaya mencari. “Kita berharap event ini dapat melahirkan atlit, seniman, cendekia, insan religius dan berketerampilan praktis serta para siswa dapat memanaje even akbar. Kita juga berharap melalui kegiatan ini terjalin kasih persaudaraan antar stakeholder dan satuan pendidikan,” ujarnya.

Gilde sport art sendiri telah berlangsung sejak 8 Desember. Banyak siswa yang antusias ikut berlomba sehingga jadwal pertandingan dimulai lebih cepat dari acara pembukaan yang baru berlangsung kemarin, Kamis 13 Desember 2018.(wal/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!