Ratusan Peserta Hadiri Orientasi Kehumasan Diskominfo Soppeng – Pare Pos
Pendidikan

Ratusan Peserta Hadiri Orientasi Kehumasan Diskominfo Soppeng

Sarianto Harap Pejabat Humas Dapat Memberikan Release yang Akurat

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG –Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng menggelar orientasi kehumasan. Kegiatan ini berlangsung Aula Triple Delapan (888) Riverside Resort, Kota Soppeng, Rabu 5 Desember 2018.

Ratusan peserta orientasi yang hadir berasal dari utusan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Soppeng, serta utusan Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Selain informasi seputar kehumasan, para peserta juga diperkenalkan Ilmu jurnalistik.

Mewakili Bupati Soppeng, Asisten I Pemda Soppeng Sarianto mengatakan, orientasi kehumasan sangat penting untuk diterapkan. Kata dia, tidak hanya untuk mereka yang berada pada bagian kehumasan saja.

“Pada kategori Pelatihan kehumasan, fokus pelatihan kehumasan ini bukan hanya ditujukan kepada mereka yang memang memiliki bidang kerja kehumasan atau public relation, namun pelatihan kehumasan juga ditujukan kepada setiap elemen yang ingin mengembangkan kemampuannya dibidang kehumasan atau public relation,”ujarnya

Peserta dari utusan OPD, Kecamatan, Desa dan Kelurahan pada Kegiatan Orientasi Kehumasan di Aula Riverside Resort, Kota Soppeng, Rabu 5/12/2018.

Lanjut Sarianto mengatakan, pada era modern seperti saat ini, pembangunan karakter dan imaje sebuah institusi telah menjadi kebutuhan vital karena dengan kehumasan yang baik maka dapat memberikan citra yang baik bagi suatu institusi dimata publik.

“Peran kehumasan sungguh sangat sentral. Dikenal atau tidaknya sebuah institusi, begitu juga capaian-capain pemerintah tergantung kepada berperan atau tidaknya humas itu sendiri,”ujarnya

Mantan Kabag Humas Pemda Soppeng ini, Sarianto menegaskan peran humas pada setiap instansi pamerintahan mulai dari Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bisa menyampaikan laporan setiap kegiatan yang dilaksanakan.

“Tentunya diharapkan agar pejabat humas pada instansi terkait bisa memberikan release yang akurat dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan,”harapnya

Sementara itu, wartawan Harian PAREPOS Wajo Ilham Tandjung saat membawakan materi Jurnalistik dan Peran Pers menyampaikan jika ilmu jurnalistik begitu penting untuk diketahui, dimaksudkan untuk membuka wawasan pola pikir agar dapat memahami peran dan fungsi pers dalam membentuk karakter Bangsa melalui penyebarluasan lnformasi.

“Kegiatan seperti ini sangat penting, dimana akan memberi pemahaman kepada para peserta bagaimana cara membuat naskah karya tulis atau berita yang kemudian layak untuk dimuat di Media Massa,”ujarnya

Lanjut, Ilham Tandjung menambahkan melalui orientasi ini kedepannya peserta diharapkan mampu menyediakan dan menyebarkan informasi yang bermanfaat, sehingga mampu membuka cakrawala, pola pikir terbuka dengan membawa kemaslahatan dan kemajuan bersama.

“Termasuk memupuk jati diri yang kuat, bisa mengkomunikasikan berbagai hal, khususnya Kabupaten Soppeng pada masyarakat domestik ataupun dunia luar yang dapat meningkatkan Sumber Daya Masyarakat serta mendorong partisipasi dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Soppeng,”tambahnya.

Pada kesempatan itu Dinas Kominfo Pemkab Soppeng juga menghadirkan Editor Fajar Online Imam Dzulkifli, Wakil Pimpinan Redaksi Rakyat Sulsel Lukman serta Ketua PWI Soppeng, A. Rahmat Kami selaku pemateri. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!