Ada Kampung Warna Warni di Pangkep, Ini Tempatnya – Pare Pos
Style dan Keren

Ada Kampung Warna Warni di Pangkep, Ini Tempatnya

Dusun Jollo di Desa Bulu Cindea yang berubah menjadi perkampungan pelangi dengan berbagai warna di Kabupaten Pangkep

 

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Terinspirasi kisah sukses Kampung Jodipan di Malang dan Kampung Wonosari diSemarang yang berubah dari sebuah daerah kumuh menjadi lokasi wisata dengan strategi ‘Kampung Pelangi’.
Pemerintah Desa Bulu Cindea di Kecamatan Bungoro ikut menghadirkan pula sebuah perkampungan dengan warna-warni yang cantik.

Walaupun, sebelumnya Desa Bulu Cindea telah menghadirkan taman wisata magrove dan jembatan pelangi yang kini ramai dikunjungi masyarakat sekitarnya. Kepala Desa Bulu Cindea, Made Ali sebagai pencetus ide mengakui, proses pengerjaan program Kampung Pelangi telah dirintisnya, sesuai kesepakatan bersama maka dipilihlah Dusun Jollo. Awal ide menghadirkan ‘Kampung Pelangi’, dengan tujuan menyatukan dua kelompok masyarakat yang berbeda pendapat dan pernah berselisih paham.

Dan perbedaan itu telah terjadi sejak puluhan tahun silam. Maka dengan program yang kami lakukan, “Alhamdulillah dapat menyatukan mereka kembali,”ujarnya. Lebih jauh, Made Ali menjelaskan, Dusun Jollo merupakan salah satu kampung kumuh di antara kampung yang ada di Desa Bulu Cindea. Masyarakat di dusun tersebut, rata-rata kehidupannya didiminasi masyarakat nelayan, buruh garam dan perempuan atau ibu-ibu kebanyakan sebagai buruh pengupas kepiting rajungan.

Hadirnya Kampung Pelangi, merupakan wujud dari nilai sosial gotong royong masyarakat yang ingin menjadikan perkampungan mereka sebagai destinasi wisata baru, dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dan menjaga lingkungan yang asri. Selain itu, di Dusun Jollo telah dilengkapi fasilitas umum seperti Masjid, Sekolah Paud, SD Satap, Posyandu dan Poskesdes.(*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!